Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Budidaya Tanaman Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula – Kecipir (Psophocarpus teragonolobus) merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan. Kecipir merupakan tumbuhan merambat anggota suku Fabaceae (Leguminosae), dimana bagian pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman kecipir ini diduga berasal dari kawasan Asia tropika dan adapula yang menduga tanaman ini berasal dari Afrika Utara dan Madagaskar, namun saat ini Tanaman kecipir telah menyebar luas termasuk di Indonesia. Tanaman Kecipir masuk ke Indonesia sekitar abad ke 17 dibawa oleh para pedagang Arab. Di Indonesia, Kecipir memiliki nama yang berbeda di setiap daerah seperti cipir (Jawa Tengah dan Jawa Timur), Kacang Embing (Palembang), Kaceper (Madura), Jaat (Sunda), Kalongkang (Bali) dan Kacang blimbing (Sumatera Barat).

Ciri-ciri tanaman kecipir yaitu memiliki akar utama membentuk umbi dengan diameter sekitar 2-4 cm dengan panjang sekitar 8-12 cm, memiliki batang merambat dengan warna batang hijau, cokelat atau ungu, memiliki daun 3 helai setiap tangkainya, memiliki bunga dengan warna putih kebiruan, biru atau ungu, memiliki buah polong yang berbentuk persegi empat atau memiliki siku empat dengan tiap sisi bersayap bergelombang . Warna polong hijau dengan setiap polong memiliki 5 hingga 20 butir biji berwarna putiih, kuning, hitam, sawo matang atau cokelat muda.

Terdapat dua jenis tanaman kecipir yaitu Psophocarpus teragonolobus (Kecipir konsumsi) dan Psophocarpus polustris (Kecipir hutan), kecipir hutan ini banyak dimanfaatkan untuk penutup tanah pada lahan perkebunan karet maupun sawit.

Klasifikasi Kecipir
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Genus: Psophocarpus
Spesies: P. tetragonolobus

Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Tanam

Syarat Tumbuh Kecipir

Tanaman kecipir dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun pada daerah berhawa panas dan sedang dengan temperatur sekitar 15°C-32°C. Tanaman kecipir dapat tumbuh pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 2000 mdpl. Kondisi tanah yang baik untuk menanam kecipir yaitu tanah yang memiliki kandungan bahan organik yang rendah, memiliki struktur berpasir atau lempung. Selain itu, tanaman kecipir ini juga dapat tumbuh pada tanah yang subur ataupun tanah yang kurus karena tanaman kenikir tahan terhadap kekeringan.

Persiapan Bibit Kecipir

Perbanyakan bibit kecipir dapat diperoleh dari biji benih. Benih kecipir dapat diperoleh dengan membuatnya sendiri. Ambil buah kecipir yang sudah tua lalu kupas dan keringkan di bawah sinar matahari hingga biji benar-benar kering. Jika tidak ingin repot, benih dapat diperoleh dengan cara membelinya di toko pertanian.

Persiapan Pot Tanam dan Media Tanam Kecipir

Pot/ polybag tanam yang perlu disiapkan dapat disesuaikan dengan besarnya tanaman nantinya. Sedangkan media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:2, keduanya diaduk hingga tercampur merata lalu masukkan dalam pot atau polybag yang sudah disiapkan kemudian siram media tanam hingga merata.

Cara Menanam Kecipir Dalam Pot

Sebelum dilakukan penanaman, seleksi terlebih dahulu benih kecipir dengan cara merendamnya terlebih dahulu. Gunakan benih yang tenggelam saja sedangkan yang mengapung dibuang karena kualitasnya buruk.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam 2-3 benih pada media tanam dengan kedalaman sekitar 3 cm lalu timbun kembali benih dengan media tanam.

Cara Merawat Kecipir Dalam Pot

Tanaman yang baru tumbuh atau masih kecil disiram setiap pagi dan sore, tapi penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja atau disesuaikan dengan kebutuhan tanaman jangan terlalu berlebihan.

Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman dalam pot. Karena kecipir salah satu jenis tanaman merambat maka setelah berumur 2 minggu lakukan pemberian ajir atau tajuk. Ajir/tajuk tersebut dapat dibuat dari bilah bambu yang kuat dan kokoh. Tujuan pemberian ajir/tajuk ini yaitu agar tanaman bisa tumbuh merambat dengan baik dan tertata rapi.

Umur Panen Kecipir

Setelah 7-8 minggu tanam, tanaman kecipir sudah mulai berbunga dan 2 minggu setelah berbunga polong kecipir dapat dipanen. Setelah pemanenan pertama, pemanenan berikutnya dapat dilakukan setelah satu minggu. Pemenanen tersebut dapat dilakukan selama 4-5 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa