Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Labu Siam atau Jipang (Sechium edule) adalah tumbuhan sayur yang berasal dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Pada tumbuhan ini bagian yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini tumbuh merambat dengan buah menggantung dari tangkai. Daunnya memiliki bentuk mirip segitiga dengan permukaan berbulu. Labu siam memiliki bentuk buah seperti bola lampu, permukaan kulit berbulu yang agak tajam tapi jarang-jarang dengan daging buah yang mengandung banyak air dan lunak.

Klasifikasi ilmiah Labu Siam
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Violales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Sechium
Spesies: S. edule

Labu siam memiliki banyak manfaat, adapun manfaat labu siam diantaranya yaitu dapat dijasikan sebagai sumber stamina, sumber mineral, mencegah penuaan dini, sumber antioksidan, mengobati batu ginjal, mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengobati kembung, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia dan mengurangi resiko stroke.

Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot atau Tabulampot Labu Siam

Persiapan Bibit Labu Siam

Pembibitan labu siam dapat dilakukan dengan menggunakan buah labu siam yang sudah tua. Petik buah yang sudah tua tersebut kemudian benamkan ke polybag semai yang telah diisi tanah yang lembab. Setelah dibenamkan, lakukan penyiraman dengan air secukupnya dan biarkan hingga bibit muncul tunas baru. Setelah tunas telah tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 cm lebih, maka bibit dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Siapkan pot berukuran besar lalu isi dengan media tanam berupa tanah yang bagus. Selanjutnya, buatlah lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm. Lepaskan polybag semai pada bibit dengan hati-hati agar media dan perakarannya tidak rusak, lalu masukkan bibit labu siam dan timbun kembali. Setelah itu lakukan penyiraman dan karena tanaman labu siam tanaman merambat maka pasang para-para atau ajir beruoa bulah bambu di samping tanaman.

Cara Merawat Labu Siam Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin, jangan sampai tanaman kekeringan. Jika tanaman labu siam telah mengeluarkan sulur sulur atau rambatan maka arahkan sulur tersebut dengan cara melilitkannya pada bambu yang disampingnya.

Lakukan pula pemangkasan pada bagian cabang tanaman ketika memasuki usia 3-6 minggu. Ujung cabang dan daun yang sudah tua dipotong, tujuannya agar tunas baru tumbuh dan menyebar dengan baik dan dapat menghasilkan pertumbuhan buah yang berkualitas dan merata.

Masa Panen Labu Siam

Pada umumnya, pemanenan labu siam dapat dilakukan pasa saat tanaman berusia 3-5 bulan setelah tanam. Cara memanen labu siam dilakukan dengan memotong buah labu siam beserta tangkainya dengan menggunakan pisau. Pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Masa produktif labu siam yaitu sekitar 3-4 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa