Panduan Lengkap Cara Menanam Lamtoro atau Petai Cina Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Lamtoro atau Petai Cina Bagi Pemula – Lamtoro, petai cina, atau petai selong merupakan salah satu jenis perdu yang berasal dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). Tanaman lamtoro ini berasal dari Amerika Tengah dan Ameriaka Latin dan masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Belanda dan Portugis. Nama lain lamtoro yaitu manding, kemlanding, petai belalang dan lain sebagainya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Mimosoideae
Genus: Leucaena
Spesies: L. leucocephala

Pohon lamtoro ini dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter, namun kebanyakan hanya tumbuh dengan ketinggian 2 meter hingga 10 meter. Pohon lamtoro memiliki percabangan yang rendah dan banyak dengan papagan berwarna cokelat atau keabuan, berbintil dan berlentisel. Ranting lamtoro berbentuk bulat torak dengan ujung berambut rapat. Daun lamtoro majemuk dengan bentuk menyirip rangkap.

Bunga lamtoro majemuk berupa bongkol bertangkai panjang yang berkumpul dalam malai berisi sekitar 2-6 bongkol. Sedangkan buah lamtoro berbentuk pita lurus, pipih dan tipis dengan sekat diantara biji, buah lamtoro berwarna hijau dan akan berwarna coklat kehijauan atau coklat tua jika kering. Biji lamtoro mirip dengan petai, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan berpenampang lebih kecil.

Cara Budidaya Lamtoro

Persiapan Bibit Lamtoro

Bibit lamtoro dapat diperoleh dari biji pada buah lamtoro yang sudah tua dan kering, pilih benih yang sudah tua dan berkualitas baik. Ciri benih lamtoro yang baik yaitu biji berwarna coklat gelap dan berukuran sedang hingga besar. Selanjutnya, rendam benih dalam air dingin selama 14 jam sebelum disemaikan atau dengan air hangat bersuhu 70 derajat celcius selama 10-12 menit. Perendaman ini dilakukan untuk menyeleksi benih, benih yang mengapung dibuang, hanya gunakan benih yang tenggelam dalam air saja.

Persiapan Tempat dan Media Tanam

Siapkan gelas plastik, pot atau polybag tanam. Apabila anda menggunakan gelas plastik, maka anda perlu membuat beberapa lubang di bagian bawah gelas dengan menggunakan paku. Jika tempat tanam sudah ditentukan, maka selanjutnya isi gelas plastik, pot atau polybag tanam dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 3. Gelas plastik, pot atau polybag tanam yang digunakan tersebut hanya diisi ¾ bagian saja, jangan sampai penuh.

Penanaman dan Perawatan Lamtoro

Jika, semua sudah siap, selanjutnya buatlah lubang tanam dalam media tanam sedalam kurang lebih 2 cm untuk menanam biji. Jika lubang tanam sudah siap, lalu masukkan 2 biji lamtoro dalam 1 lubang dan tutup kembali dengan menggunakan media tanam.

Lakukan perawatan pada tanaman lamtoro berupa penyiraman, penyiraman ini dilakukan 2 kali sehari pada musim kemarau atau penyiraman dapat dilakukan seperlunya dengan melihat kondisi media tanam. Setelah 20 hari persemaian, lakukan pemupukan dengan menggunaka pupuk NPK dengan dosis sebanyak 100 gram NPK yang dilarutkan dalam 10 liter air. Bibit Lamtoro siap dipindahkan ke lahan tanam sebenarnya apa bila telah tumbuh setinggi lebih dari 26 cm atau berumur lebih dari 35 hari.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Lamtoro atau Petai Cina Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa