Panduan Lengkap Cara Menanam Lemon Di Pekarangan Rumah Lebih Praktis dan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Lemon Di Pekarangan Rumah Lebih Praktis dan Mudah – Lemon atau Sitrun atau Limun adalah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon kaya akan vitamin C, kalium, natrium dan lain sebagainya.

Klasifikasi Lemon
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: Citrus x limon

Adapun manfaat lemon diantaranya yaitu baik untuk diet, merawat kulit kepala dan rambut, menghilangkan jerawat, memutihkan gigi, menyeimbangkan pH dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Karena kandungan dan manfaatnya yang beragam, banyak orang yang mencoba menanam lemon di pekarangan atau halaman rumah mereka yang masih kosong. Tanaman lemon memiliki bentuk fisik yang cantik dan bisa menambah estetika di halaman rumah. Saat tanaman lemon berbunga, maka akan muncul bunga berwarna putih dan daun yang tampak bersinar saat terkena sinar matahari. Saat tanaman lemon mulai berbuah juga tidak kalah cantik, buah lemon yang ranum akan memberi kesan segar saat dilihat. Kerennya lagi, tanaman lemon bisa juga diletakkan dalam ruangan. Nah berikut cara menanam lemon di halaman rumah:

Cara Menanam Lemon Di Pekarangan Rumah

Persiapan Tempat  Tanam Lemon

Pilih pot untuk media persemaian dengan ukuran sedang, dengan kedalaman sekitar 15-18 cm dan diameter sekitar 8-13 cm untuk menanam bibit lemon.

Setelah bibit lemon tumbuh dan cukup kuat, maka pindahkan bibit lemon kedalam media tanam pot yang lebih besar dengan diameter sekitar 38-46 cm.

Pemilihan Benih Lemon

Pilihlah benih lemon dengan kualitas unggul, bibit lemon kualitas dapat diperoleh di toko pertanian terdekat atau bisa juga menggunakan bibit lemon langsung dari buah lemon untuk konsumsi.

Caranya, pilih buah lemon organik, lalu potong dan keluarkan bijinya. Pilihlah biji yang berukuran besar dan penuh untuk dijadikan benih terbaik. Jangan biarkan benih lemon mengering, jadi segera taburkan benih lemon ke dalam media tanam.

Penanaman Lemon

Campurkan media tanam berupa tanah dan pupuk kompos lalu masukkan ke dalam pot yang sudah disiapkan sebelumnya. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 1 cm, masukkan benih lemon kedalam lubang tanam tersebut lalu tutup kembali dan lakukan penyiraman secara perlahan. Setelah itu, tutup bagian atas pot dengan menggunakan plastik bening untuk menjaga kelembaban benih, tapi buat lubang pada plastik agar benih dapat bernapas dengan baik

Perawatan dan Pemeliharaan Lemon

Letakan tanaman lemon pada tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup, terutama ketika benih baru. Benih baru idealnya membutuhkan sinar matahari sekitar 10-14 jam per harinya. Pastikan ketersediaan air dalam pot sehingga media tanam dalam pot tetap dalam keadaan lembab.

Saat biji mulai berkecambah, usahakan kondisi media tanam tetap hangat dan lembab. Caranya, buka plastik penutup pot lalu letakan pot di tempat yang hangat. Pastikan tanah dalam pot tidak kering, periksa secara rutin jangan terlalu panas atau terlalu lembab sehingga benih tidak busuk.

Agar nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman lemon tumbuh terpenuhi, maka lakukan pemupukan . Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan dosis yang telah ditentukan. Pemupukan ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun.

Masa Panen Lemon

Tanaman lemon biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun untuk berbuah. Pemanenan lemon ini dilakukan jika lemon sudah benar-benar matang karena pematangan buah lemon akan berhenti setelah dipetik.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Lemon Di Pekarangan Rumah Lebih Praktis dan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa