Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar

Posted on

Cara Menanam/ Budidaya Dan Merawat Tanaman Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar

Lidah Buaya atau Aloe vera adalah salah satu tanaman berduri, tanaman ini berasal dari daerah kering Benua Afrika. Tanaman ini memiliki manfaat serta khasiat yang luar biasa dan telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Lidah Buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat seperti Dapat menyuburkan rambut, Dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala, Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, Dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan berat badan, Dapat membantu mengatasi masalah pada mulut serta menjaga kesehatannya, dan masih banyak yang lainnya.

Selai di budidayakan di lahan tanam secara langsung, budidaya atau menanam lidah buaya dapat dilakukan menggunakan Pot atau Polybag tanam. Berikut adalah Cara Budidaya Tanam Lidah Buaya Dalam Pot atau Polybag:

a. Persiapan Bibit Lidah Buaya
Untuk mempersiapkan bibit tanaman lidah buaya tidak jauh berbeda dengan cara mempersiapkan bibit tanaman bunga lidah mertua, supaya tanaman lidah buaya dapat cepat tumbuh maka pembibitan dilakukan dengan cara mengambil tunas yang tumbuh di sekitar tanaman indukan.

Pilih dan ambil salah satu tunas dari tanaman indukan lidah buaya yang subur dan memiliki rimpang yang sehat. Ketika mencabut tunas bakal bibit sebaiknya gunakan alat bantu seperti pisau atau yang lainnya agar akar tunas tidak tertinggal dalam tanah.

b. Persiapan Pot atau Polybag Tanam dan Media Tanam
Anda harus menyiapkan pot atau polybag tanam dengan ukuran sedang atau disesuaikan dengan bibit yang akan di tanam, Pot atau polybag tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman lidah buaya ini, dipastikanmemiliki beberapa lubang untuk mengalirkan air bekas penyiraman pada bagian bawahnya.

Setelah pot atau polybag siap. Jika menggunakan pot, masukkan pecahan genting atau batu split pada dasar pot, hal ini bertujuan agar lubang pot nantinya tidak tersumbat. Selanjutnya masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir ke dalam pot dengan perbandingan 2 Tanah : 2 Pupuk Kandang : 1 pasir. Pengisian media tanam tersebut dilakukan hingga menyisakan sekitar 10 cm bagian pot. Biarkan pot tersebut selama 1 minggu sebelum di tanami.

Jika menggunakan polybag tanam, masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir ke dalam polybag dengan perbandingan 2 Tanah : 2 Pupuk Kandang : 1 pasir. Pengisian media tanam tersebut dilakukan hingga menyisakan sekitar 10 cm bagian polybag. Biarkan polybag tersebut selama 1 minggu sebelum di tanami.

c. Penanaman Lidah Buaya
Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Cara menanam tanaman lidah buaya sama dengan cara menanam tanaman bunga lidah mertua yaitu hanya dengan menancapkan tunas yang telah diambil dari tanaman indukan ke dalam pot/polybag atau lubang tanam yang telah disiapkan. Penancapan bibit tunas tanaman lidah buaya sebaiknya jangan terlalu dalam cukup sekitar 15 cm saja, kemudian timbun kembali dengan media tanam yang ada di sekitar lubang tanam dalam pot/polybag. Lalu padatkan dengan menekan menggunakan tangan.

Jika sudah selesai menanam lakukan penyiraman namun jangan terlalu basah. Penyiraman tersebut cukup dilakukan dengan menggunakan sistem spray agar kelembaban media tanam terjaga. Letakkan pot/polybag yang telah ditanami bibit tanaman lidah buaya di tempat yang terkena sinar matahari, namun pada awal penanaman sebaiknya jangan letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari cukup terik. Letakkan pada tempat yang teduh, namun tetap mendapatkan asupan sinar matahari.

d. Pemeliharaan Tanaman Lidah Buaya
Pemeliharaan yang dilakukan pada tanaman lidah buaya yaitu seperti penyiraman dan pemupukan.

Penyiraman
Penyiranam sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering karena tanaman lidah buaya adalah tanaman yang tidak begitu menyukai media tanam yang basah. Penyiraman tersebut dapat dilakukan 2-3 hari sekali.

Pemupukan Susulan
Pemupukan juga sebaiknya dilakukan kembali, pemupukan susulan pertama dilakukan setelah tanamab lidah buaya berumur 1 tahun setelah tanam. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

e. Pemanenan Lidah Buaya
Panen lidah buaya yang pertama dapat dilakukan setelah tanaman lidah buaya berumur 6 bulan. Cara memanen lidah buaya yaitu dengan memotong bagian daun yang paling luar menggunakan pisau atau yang lainnya.

Demikian aritikel pembahasan tentang”Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya:” open=”yes” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

[/su_spoiler]