Cara Menanam Mangga Harum Manis Dalam Pot (Tabulampot Mangga Harum Manis) Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Mangga Harum Manis Dalam Pot (Tabulampot Mangga Harum Manis) Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Mangga Harum Manis atau Arum Manis adalah salah satu jenis buah mangga yang konon berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Mangga ini disebut dengan harum manus karena mangga ini harum dan rasanya manis.

Mangga harum manis berbentuk lonjong,berparuh sedikit dan ujungnya meruncing, hampir sama dengan mangga manalagi. Pangkal buahnya berwarna merah keunguan, sedangkan bagian lainnya berwarna hijau.

Secara fisik, kulit mangga ini tidak begitu tebal, berbintik kelenjat berwarna keputihan dan ditutupi lapisan lilin. Daging buahnya tebal, berwarna kuning, lunak, tidak bersera, dan tidak mengandung air yang begitu banyak. Mangga harum manis ini memiliki rasa segar dan manis tapi ada sedikit rasa asam. Mangga Harum Manis memililki biji yang kecil, lonjong pipih dengan panjang sekitar 13-14 cm.

Mangga Harum Manis ini memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya vitamin A dan C, zat besi, kalsium fosfor, sodium, potasium, magnesium. Selain itu, buah ini juga baik bagi penderita hernia. Mangga ini juga banyak dikonsumsi sebagai jus.

Jadi tak heran jika banyak orang yang menyukai mangga ini dan juga melakukan budidaya atau menanam mangga harum manis ini. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam mangga arum manis ini, anda dapat menanam mangga arum manis ini dalam pot atau tabulampot mangga arum manis. Berikut cara menanam mangga arum manis dalam pot atau tabulampot mangga arum manis, selengkapnya:

Cara Menanam Mangga Arumanis Dalam Pot atau Tabulampot Mangga Arum Manis

Persiapan Bibit Mangga Harum Manis

Perbanyakan bibit mangga harum manis dapat dilakukan melalui cangkok atau okulasi maupun dari biji. Namun disarankan menggunakan bibit hasil cangkok atau okulasi karena bibit okulasi atau cangkok lebih cepat berbuah yaitu sekitar 1,5-2 tahun sedangkan bibit dari biji relatif lebih lama yaitu sekitar 3-4 tahun. Bibit cangkok atau okulasi mangga harum manis dapat diperoleh di toko bibit, pilihlah bibit yang berkualitas baik dengan ciri-ciri:

  • Bibit sehat, tidak ada cacat pada tanaman baik dari batang, daun ataupun cabangnya.
  • Warna daun hijau, segar, mengkilap, dan cerah.
  • Tinggi tanaman bibit ideal yaitu sekitar 30 cm.
  • Tidak ada akar tanaman yang keluar dari polybag.

Persiapan Tempat dan Media Tanam Mangga Harum Manis

Siapkan tempat tanam berupa pot, drum bekas atau yang lainnya, minimal berdiameter 60 cm dan tinggi sekitar 30 cm atau bisa juga ukuran pot tanam disesuaikan dengan ukuran bibit mangga arum manis yang akan ditanam. Pastikan bagian dasar pot tanam memiliki lubang agar memudahkan pengeluaran air.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata lalu diamkan selama seminggu baru kemudian dapat digunakan.

Menanam Mangga Harum Manis Dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke dalam pot hingga 1/3 bagian pot. Setelah itu, buka polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media tanam bibit, lalu masukkan ke dalam pot dan timbun kembali dengan media tanam hingga penuh (tapi jangan menutupibekas cangkok atau okulasi). Setelah penanaman lakukan penyiraman dan letakkan pot ditempat yang teduh.

Perawatan Dan Pemeliharaan Mangga Arum Manis Dalam Pot

Penyiraman dapat dilakukan minimal 2 kali sehari atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi media tanam. Pada musim kemarau, intensitas penyiraman dapat ditingkatkan dan pada musim hujan dapat dikurangi.

Agar nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan mangga arumanis terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang dan setiap 1 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK.

Pada saat tanaman menghasilkan buah pertama, lakukan penjarangan. buang buah yang muncul pertama karena biasanya buah pada buah pertama rasanya masam dan berukuran kecil. Jangan sayang membuang buah yang muncul pertama karena penjarangan ini juga bertujuan membantu meningkatkan kualitas mangga.

Pohon mangga arum manis akan semakin membesar, untuk itu perlu dilakukan repotting atau penggantian pot setiap 2 tahun sekali agar tanaman mangga dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Masa Panen Mangga Harum Manis

Mangga arumanis akan mulai menghasilkan buah pada umur 1,5-2 tahun setelah tanam. Idealnya pohon mangga arum manis akan berbuah setiap setahun sekali. Untuk mempertahankan kualitas buah, sebaiknya petik buah sebelum masak di pohon. Jika terlalu masak maka buah akan jatuh sendiri dan tentu berpengaruh pada kualitas buah. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong buah dari tangkainya. Selanjutnya, simpan buah di tempat yang sejuk dan bersih.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Mangga Harum Manis Dalam Pot (Tabulampot Mangga Harum Manis) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa