Cara Menanam Mangga Yuwen Dalam Pot (Tabulampot Mangga Yuwen) Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Mangga Yuwen Dalam Pot (Tabulampot Mangga Yuwen) Bagi Pemula – Mangga atau mempelam (Mangifera indica) adalah nama buah sekaligus pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota.

Klasifikasi Mangga
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Ada banyak jenis buah mangga, salah satunya adalah mangga yuwen. Buah mangga yuwen memiliki ukuran yang lumayan besar dengan kulitnya berwarna merah cantik bersemburat kuning. Daging buah mangga yuwen berwarna kuning, dengan rasa manis sekali, pulen, dan lezat. Salah satu keistimewaan mangga yuwen yaitu memiliki biji yang sangat tipis jika dibandingkan dengan biji buah mangga jenis lain.

Budidaya mangga yuwen ini memiliki prospek yang sangat baik karena harga mangga yuwen ini tergolong mahal, harga jual mangga ini tidak dihitung per kilogram tapi dihitung per buah dengan harga mangga yuwen ini mencapai Rp. 100.000 per buahnya.

Karena harganya yang cukup tinggi, banyak orang tergiur untuk menanam atau budidaya mangga yuwen ini. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk melakukan budidaya mangga yuwen ini, anda dapat menanam mangga yuwen dalam pot atau tabulampot mangga yuwen, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Mangga Yuwen Dalam Pot atau Tabulampot Mangga Yuwen

Persiapan Bibit Mangga Yuwen

Sama halnya dengan kebanyakan mangga, bibit mangga yuwen dapat diperoleh melalui biji, cangkok atau okulasi. Namun jika tidak ingin repot, bibit mangga yuwen dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit. Pilihlah bibit yang berkualitas baik dan sehat.

Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Mangga Yuwen

Siapkan pot dengan diameter minimal 60 cm atau disesuaikan dengan bibit mangga yuwen yang akan ditanam. Pastikan pot memiliki drainase yang baik.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.

Penanaman Mangga Yuwen Dalam Pot

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Pada bagian dasar pot, susun dan atur potongan genting atau bata dan ijuk kemudian masukkan media tanam dalam pot hingga setengah bagian pot. Lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak media tanam dan perakarannya, lalu letakkan bibit mangga yuwen di tengah pot lalu timbun kembali dengan sisa media tanam hingga 2 cm sebelum bibir pot. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan Tanaman Mangga Yuwen Dalam Pot

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga yuwen terpenuhi, maka lakukan pemupukan, Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia, pupuk kandang, dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara rutin disesuaikan dengan kondisi media tanam dan cuaca. Pastikan tabulampot mangga yuwen mendapatkan penyinaran cahaya matahari sesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Masa Panen Mangga Yuwen

Dalam jangka waktu sekitar 2 tahun setelah bibit ditanam, mangga yuwen akan mulai mengeluarkan bunga dan buah. Pada panen pertama akan didapatkan sekitar 60 buah per tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentangĀ “Cara Menanam Mangga Yuwen Dalam Pot (Tabulampot Mangga Yuwen) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa