Cara Menanam Melon dari Biji Agar Cepat berbuah Lebat dan Panen

Posted on

Cara Menanam Melon dari Biji Agar Cepat berbuah Lebat dan Panen – Melon (Cucumis melo) adalah sejenis tanaman buah yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Melon merupakan tanaman semusim, melon memiliki bentuk daun menjari. Tumbuhan melon tumbuh merambat, Buah melon memiliki tipe pepo dengan bagian yang dimakan adalah daging buah atau mesokarp tebal, berair,memiliki tekstur lunak, rasanya manis dan kadang beraroma harum, serta daging buahnya memiliki warna putih hingga merah.

Klasifikasi ilmiah Melon
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cucumis
Spesies: C. melo

Cara Menanam Melon dari Biji

Persiapan Tempat dan Media Tanam Melon

Siapkan tempat tanam berupa pot atau polybag tanam berdiameter sekitar 40-50 cm, siapkan pula media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 2 : 3.

Masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang telah disiapkan. Media tanam dapat ditambahkan pupuk NPK sebanyak 20 gram, fungisida sebanyak 5 gram, untuk menunjang media tanam.

Persiapan Bibit Melon

Bibit bisa didapat di tempat penjualan bibit tanaman atau bisa juga membuat sendiri dari biji buah melon yang dikumpulkan, setelah itu biji tersebut di skarifikasi (direndam dengan air) dan buang yang mengambang dan ambil yang tenggelam.

Kemudian biji tersebut direndam kembali untuk memecah masa dormansi biji kurang lebih selama 24 jam dengan menggunakan air biasa, Ada baiknya jika saat dilakukan perendaman yang untuk memecah masa dormansi biji, air rendaman dicampur dengan fungisida agar terhindar dari jamur karena lembab. Setelah itu, baru bisa dikecambahkan/disemai biji tersebut.

Media yang menjadi tempat perkecambahan bisa diisi dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang (2:1). Kemudian tabur biji melon tersebut dan tutup dengan sedikit tanah sampai biji melon tertutup tanah dan jangan terlalu banyak tanah yang menutup agar biji tersebut bisa tumbuh dengan optimal dan tidak terhambat oleh tanah. Jangan lupa, setelah itu lakukan penyiraman.

Penanaman Melon dari Biji

Dalam kurun waktu kurang lebih selama 10-14 hari melon sudah berkecambah dan memiliki 3-4 helai daun dan sudah bisa dipindahkan ke media tanam yaitu polybag atau pot yang telah disiapkan dan harus dengan segera dipindahkan, agar tidak ada perebutan unsur hara yang mengakibatkan kecambah-kecambah tersebut mati atau tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Penanaman bisa dilakukan pada pagi atau sore hari. Pertumbuhan tanaman melon ini sangat cepat dan helai daunnya akan terus bertambah dan akan selalu memanjang. Jangan lupa untuk menancapkan tiang rambatan untuk tanaman melon ini. Melon sudah dapat dipanen jika sudah berusia 3-4 bulan atau 120 hari sejak bibit ditanam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Melon dari Biji Agar Cepat berbuah Lebat dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa