Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah – Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae.

Klasifikasi Nanas
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Bromeliaceae
Upafamili: Bromelioideae
Genus: Ananas
Spesies: A. comosus

Buah nanas memiliki citarasa segar perpaduan antara manis, agak asam, dan berair. Seperti yang diketahui, buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang sangat diminati sehingga potensi budidaya tanaman ini sangat menggiurkan. Tak heran jika banyak orang yang mencoba menanam bahkan membudidayakannya secara besar-besaran, namun bagi kalian yang ingin menanam nanas untuk di konsumsi sendiri, kalian dapat menanam nanas di halaman rumah kalian. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Nanas di Rumah

Syarat Tumbuh Nanas

Pertumbuhan tanaman nanas sangat dipengaruhi oleh iklim. Curah hujan yang dibutuhkannya yaitu sekitar 600-3500 mm/tahun. Suhu yang baik untuk merangsang pembuahan nanas yaitu sekitar 29-32°C. Tanah yang baik untuk menanam nanas yaitu tanah berpasir, mengandung kapur rendah, bebas dari batu, serta tingkat kesuburannya tinggi.

Pembibitan Dan Persemaian Nanas

Proses pembibitan ini akan berpengaruh besar pada hasil akhirnya nanti, untuk itu lakukan pembibitan dengan baik dan benar. Bibit diperoleh dari mahkota buah atau tunas akar nanas. Guna mempercepat pertumbuhan akarnya, daun mahkota nanas diolesi dengan ZPT secara merata. Setelah itu, bibit disemai dalam lubang dengan kedalaman 2-3 cm dengan jarak tanam sekitar 5-10 cm.

Lakukan perawatan pada bibit dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Jika hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan sehingga tingkat kelembaban media tanam tetap terjaga. Setelah bibit berumur sekitar 3-5 minggu atau telah mencapai ketinggian 25-30 cm biasanya sistem perakaran yang dimiliki sudah lengkap. Kalian bisa memindahkan bibit nanas tersebut ke lahan utama.

Pemeliharaan & Perawatan Tanaman Nanas

Lakukan perawatan berupa penyiangan, pengairan, dan pemupukan. Penyiangan bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan gulma sehingga pembentukan penyakit yang hidup di area pertanian bisa dicegah. Pemupukan susulan dilakukan setiap sebulan sekali dengan menggunakan pupuk Urea dan KCl dengan cara membenamkannya ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 10-15 cm.

Lakukan pencegahan serangan hama dan penyakit dengan memberikan pestisida (disarankan pestisida alami) yang tepat dan dosis yang tepat pula, agar nantinya kualitas nans tetap terjaga walaupun untuk dikonsumsi sendiri.

Pemanenan Buah Nanas

Biasanya tanaman nanas yang berasal dari bibit mahkota akan menghasilkan buah setelah berumur sekita 2 tahun (24 bulan). Sedangkan bibit yang dari tunas akar akan memproduksi buah pada saat umurnya mencapai 18 bulan.

Buah nanas yang siap panen ditandai dari mahkotanya yang sudah terbuka sempurna serta mata buahnya tampak berukuran besar, bulat, dan lebih mendatar. Buah nanas yang benar-benar masak juga umumnya akan mengeluarkan aroma khas yang kuat dan kulit buahnya berwarna kuning oranye. Pemanenan buah nanas dilakukan dengan memotong bagian pangkal buah menggunakan pisau yang tajam agar tidak memar sehingga kondisinya bagus dan tahan lama.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa