Menanam Nanas Di Dalam Pot

Cara Menanam Nanas Di Dalam Pot Dengan Mahkotanya Di Rumah Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Nanas Di Dalam Pot Dengan Mahkotanya Di Rumah Dengan Mudah Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae. Buah nanas merupakan buah tropis yang memiliki daging buah berwarna kuning hingga jingga dengan rasanya yang manis keasaman. Tanaman buah nanas memiliki daun yang panjang dan runcing.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Plantae
Ordo: Poales
Famili: Bromeliaceae
Upfamili: Bromelioideae
Genus: Ananas
Spesies: A. comosus

Buah nanas banyak diminati oleh masyarakat baik itu lokal ataupun internasional, baik itu dimakan segar, dibuat rujak ataupun ditambahkan dalam masakan untuk membantu melunakan daging dan membuat masakan segar. Jadi jika anda ingin mencoba peruntungan dengan cara membudidayakannya tidak masalah, namun jangan khawatir jika anda tidak memiliki lahan anda dapat melakukan budidaya nanas di pot atau menanam nanas dalam pot. Berikut adalah cara selengkapnya:

Cara Menanam Nanas Di Pot

Persiapan Bibit Nanas

Pertama siapkan dahulu buah nanas yang baik seperti nanas madu yang sudah matang dan tidak busuk. Selanjutnya pisahkan daging buah nanas dengan mahkotanya untuk ditanam kembali. DAging buahnya dapat anda konsumsi namun sisakan sedikit bagian bonggonya yang ditandaoi dengan bulatan putih. Kemudian hilangkan beberapa helai mahkota buah bagian bawah terutama yang terlihat sudah menua.

Bonggol yang disisakan dicuci hingga bersih, selanjutnya keringkan mahkota dan biarkan mahkota tersebut pada tempat yang terhindar dari sinar matahari kurang lebih seminggu. Kalian dapat menumbuhkan akar terlebih dahulu dengan cara merendam bonggol nanas pada air lalu akar-akar baru akan muncul dalam beberapa hari. Jangan lupa tusuk bonggol dengan tusuk gigi atau bahan lain sebelum merendamnya dengan air agar mahkota nanas tidak ikut terendam dan membusuk.

Persiapan Media Tanam dan Pot Tanam Nanas

Siapkan media tanam. Karena nanas memerlukan kondisi tanah yang agak sedikit asam, maka buatlah media tanam berupa campuran tanah yang gembur dan pasir dengan perbandingan 3:1.

Selain media tanam, siapkan pula pot. Gunakan pot berukuran sedang dengan lubang drainase di bagian bawahnya. Masukkan batu bata atau arang atau batu kerikil pada bagian bawah pot dengan ketinggian sekitar 2 hingga 3 cm untuk memperbaiki drainase. Drainase yang kurang baik dapat menyebabkan tanaman cepat busuk.

Penanaman Nanas

Jika sudah semua, selanjutnya isilah pot dengan media tanam yang telah disiapkan. Buatlah lubang di tengahnya untuk menanam mahkota nana. Tanam mahkota nanas dan pastikan bonggolnya tertutup oleh media tanam. Lalu, letakkan pot di bawah sinar matahari.

Perawatan Dan Pemanenan Nanas

Lakukan penyiraman secara rutin setiap 3-7 hari sekali. Jangan lakukan penyiraman yang terlalu sering dan berlebihan karena dapat menyebabkan tanaman nanas menjadi lebih cepat busuk. Selain penyiraman, lakukan pula pemupukan setiap 3-4 bulan sekali agar tanaman nanas tumbuh dengan baik.

Jika perawatan tanaman nanas baik maka tanaman nanas dapat mulai berbuah pada umur sekitar 2-3 tahun. Jika buah nanas sudah berwarna buah kuning, dapat mulai dlakukan pemanenan. Pemanenan tersebut dilakukan dengan cara memotong bagian batangnya dengan menggunakan pisau atau yang lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Nanas Di Dalam Pot Dengan Mahkotanya Di Rumah Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa