Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Posted on

Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Pakcoy atau Pak Choi, bok choy (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.

Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yaitu hanya sekitar 30-45 hari setelah tanam. Jika kalian tidak memiliki lahan yang luas untuk melakukan budidaya pakcoy ini, kalian dapat menanam pakcoy di pot atau polybag tanam yang lebih praktis, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Pakcoy Organik di Pot atau Polybag

Pembibitan dan Penyemaian Pakcoy

Pertama, siapkan biji benih pakcoy, media tanam, sprayer dan tempat penyemaian. Media tanam yang disiapkan dapat berupa tanah, sekam bakar, kompos atau cocopeat. Jika menggunakan tanah, maka gunakan tanah yang gembur dan subur dan dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Sedangkan untuk tempat persemaiannya dapat digunakan tempat berupa nampan atau tray semai (seedling tray), pot, polybag atau wadah yang lainnya.

Masukkan media semai ke tempat semailalu buatlah lubang tanam pada media semai dengan ujung jari sedalam satu ruas jari. Selanjutnya, masukkan 2 (dua) biji pakcoy ke dalam setiap lubang. Jika menggunakan polybag berdiameter 15 cm, dalam setiap polybag dapat dibuat 5 lubang semai.

Setelah biji dimasukkan dalam lubang semai, tutup kembali dengan media semai disekitarnya dan agak sedikit padatkan. Kemudian lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer dengan lembut secukupnya saja, lalu simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jauh dari gangguan lainnya.

Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Setelah berumur sekitar 2 (dua) minggu pakcoy tumbuh dan memiliki dua daun, pakcoy dapat dipindah tanamkan ke media tanam yang lebih luas.

Pemindahan Tanam Pakcoy Ke Polybag/Pot Tanam

Siapkan pot atau polybag tanam minimal berukuran 15 cm, kemudian isi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 atau bisa juga menggunakan sekam bakar, namun jangan terlalu penuh maupun jangan terlalu dangkal. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada media tanam, tepat ditengah dengan ukuran disesuai dengan gundukan akar pakcoy.

Ambil bibit pakcoy dengan dicabut secara hati-hati agar tidak rusak atau patah perakarannya. Setelah dicabut segera lakukan penanaman. Tepuk bagian media tanam disekitar akar pakcoy yang sudah tertanam, tapi jangan terlalu keras ini bertujuan agar pakcoy tidak miring saat disiram air.

Perawatan dan Masa Panen Pakcoy dalam Pot/Polybag

Selama seminggu pertama tanam, tempatkan pakcoy pada tempat yang teduh sepanjang hari dan jauh dari sinar matahari langsung karena jika terkena sinar matahari langsung maka daun pakcoy akan terbakar karena sinar matahari yang terlalu panas.

Lakukan penyiraman secara teratur dengan air yaitu setiap pagi dan sore hari dengan menggunakan sprayer atau semprotan air. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman pakcoy terpenuhi maka lakukan pemupukan secara berkala dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang.

Pemanenan pakcoy dapat dilakukan setelah pakcoy berumur 30-45 hari setelah tanam di pot atau polybag tanam. Pemanenan pakcoy dapat dilakukan dengan cara mencabutnya hingga akar atau memotong bagian batang pakcoy.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa