Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses – Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi
manis.

Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yaitu hanya sekitar 30-45 hari setelah tanam. Selain ditanam di lahan perkebunan, pekarangan rumah, pot, polybag atau wadah lainnya, pokcoy ini dapat ditanam secara hidroponik.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam pakcoy secara hidroponik dengan sistem NFT, NFT System atau Nutrient  Film Technique System yaitu teknik pemberian nutrisi yang dialirkan tipis secara terus menerus  langsung pada akar tanaman. Hidroponik sistem NFT membutuhkan aliran listrik yang stabil, pompa,  gully, pipa dan selang. Berikut cara menanam pakcoy hidroponik dengan sistem NFT selengkapnya:

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT

Persiapan Alat dan Bahan Hidroponik Pakcoy

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk menanam pakcoy secara hidroponik dengan sistem nft diantaranya yaitu:

  • Talang air / Talang PVC
  • Pompa akuarium
  • Rockwoll
  • Tandon nutrisi (ember, styrofoam atau apa saja)
  • Pipa 3/4 inch.
    Selang 5 ml secukupnya.
    Benih pakcoy, nutrisi, air

Persiapan Bibit Pakcoy

Pada sistem ini, media tanam yang digunakan yaitu rockwool. Potong rockwool berbentuk kubus dengan ukuran 4x4x4 cm. Semai benih pakcoy pada rockwool tersebut, namun sebelumnya rockwool tersebut diberi lubang terlebih dahulu. Letakkan rockwool pada nampan atau wadah lalu isi wadah dengan nutrisi ab ni. Selanjutnya, tutup dengan plastik hitam agara benih pakcoy cepat berkecambah dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Apabila bibit sudah memiliki 4-5 daun, maka bibit dapat dipindahkan ke gully atau instalasi NFT.

Cara Membuat Instalasi NFT

Sembari menunggu benih tumbuh, siapkan instalasi NFT. Talang pvc yang berbentuk U ditutup bagian atasnya dengan menggunakan styrofoam atau bahan lainnya. Selanjutnya, pada styrofoam dibuat lubang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 8-10 cm. Letakkan talang pvc pada rak yang dibuat sedikit miring, sudut kemiringan bisa diatur sendiri -/+ 5 derajat.

Tandon nutrisi diletakkan di bawah rak dan pompa air diletakkan dalam tandon dengan posisi selalu terendam agar tidak panas dan tidak mudah rusak. Selanjutnya, pasang pipa buang dari pompa menuju gullu pada bagian ujung yang lebih tinggi dan pada bagian ujung gully yang lebih rendah dihubungkan langsung ke tandon agar nutrisi kembali mengalir langsung ke dalam tandon.

Menanam Bibit Pakcoy di Instalasi NFT

Jika bibit pakcoy sudah memiliki 4-5 daun, maka bibit pakcoy dapat ditanam dalam gully. Pindahkan bibit ke dalam gully bersama dengan media semainya. Letakkan bibit pakcoy pada lubang gully yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix, lalu hubungkan pompa dengan listrik agar nutrisi tersebut dapat mengalir terus menerus.

Perawatan dan Pemeliharaan Pakcoy Hidroponik Sistem NFT

Perawatan pada tanaman pakcoy hidroponik sistem NFT yang perlu dilakukan diantaranya yaitu: selalu mengontrol tandon nutrisi jika berkurang, menjaga posisi pompa selelu terendam air, menaikkan ppm nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan usia tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa