Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik dengan Sistem Wick Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Pakcoy atau Pak Choi, Bok Choy (Brassica Chinensis) Secara Hidroponik dengan Teknik Wick Bagi Pemula – Pakcoy atau Pak Choi, Bok Choy (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.

Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yaitu hanya sekitar 30-45 hari setelah tanam. Selain ditanam di lahan perkebunan, pekarangan rumah, pot, polybag atau wadah lainnya, pokcoy ini dapat ditanam secara hidroponik. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam pakcoy secara hidroponik dengan sistem wick, berukt selengkapnya:

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik dengan Teknik Wick

Persiapan Alat dan Bahan Tanam Pakcoy Hidroponik

Untuk menanam pakcoy dengan sistem hidroponik maka siapkan semua alat yang dibutuhkan. Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk menanam pakcoy hidroponik diantaranya yaitu:

  • Rockwool
  • Net pot
  • Nutrisi hidroponik
  • Benih pakcoy
  • Kain flanel
  • Sterofom
  • Ember
  • Dan alat lainnya sesuai teknik yang digunakan

Persemaian Bibit Pakcoy

Benih pakcoy yang sudah disiapkan diletakkan di media tanam. Tapi sebelumnya, media tanam dibasahi dan bisa menggunakan rockwool. Setiap persemaian, cukup letakkan 1-2 benih pakcoy. Kemudian tutup dengan rapat dan disimpan di tempat yang gelap agar terjaga kelembabannya hingga benih mengeluarkan tunas. Jika benih pakcoy sudah bertunas, buka tutup tersebutlalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari agar pertumbuhannya tidak hanya meninggi.

Penanam Pakcoy Pada Media Hidroponik

Setelah bibit memiliki 3-4 helai daun, bibt pakcoy dapat dipindahkan dari persemaian ke media hidroponik yang telah disiapkan sebelumnya. Berikan nutrisi hidroponik yang telah dilarutkan agar pertumbuhannya optimal. Menanam pakcoy dengan sistem hidroponik berbeda dengan menanam pakcoy di lahan perkebunan yang harus menggunakan pupuk organik atau pun pupuk sintetis. Untuk perawatan, cek pakcoy secara rutin dan jangan sampai pakcoy yang ditanam kehabisan nutrisi hidroponiknya. Pakcoy bisa mulai dipanen sejak hari ke 45 (empat puluh lima) tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik dengan Sistem Wick Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa