Cara Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah – Pandan atau Pandan Wangi adalah salah satu jenis tumbuhan monokotil dari pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daun pandan bianya digunakan untuk pengharum kue atau makanan bahkan ruangan, pewarna makanan selain daun suji, serta untuk penghias makanan. Pandan wangi ini banyak digunakan dalam tradisi masakan Indonesia dan negara di Asia Tenggara lainnya. Nama ilmiah pandan wangi adalah Pandanus amaryllifolius.

Tanaman pandan sangatlah mudah dijumpai dipekarangan atau tumbuh di tepi selokan yang teduh. Tanaman pandan memiliki akar tunggang yang besar, daunnya memanjang dengan panjang dapat mencapai sekitar 60 cm dan tersusun roset rapat. Di beberapa spesies ada yang memiliki tepi daun bergerigi.

Banyak orang kini menanam pandan baik dipekarangan rumah atau pot tanam. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam pandan dalam pot:

Cara Menanam Pandan Dalam Pot

Pemilihan Bibit Pandan

Umumnya, pandan dibudidayakan secara vegetatif melalui anakan atau tunas. Pilihlah tunas yang sehat untuk ditanam. Bibit yang digunakan diusahakan memiliki akar gantung karena jika tidak biasanya pandan tidak tumbuh.

Persiapan Pot dan Media Tanam Pandan

Pot tanam yang digunakan bisa berupa pot yang kita beli ditoko atau wadah lain seperti polybag, ember bekas ataupun yang lainnya. Jika pot sudah siap, selanjutnya siapkan media tanam pandan yaitu berupa campuran tanah, pupuk kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Penanaman Pandan Dalam Pot

Jika semua sudah siap maka segera lakukan penanaman. Pertama isi sepertiga bagian pot tanam dengan pecahan atau tau genting lalu masukkan media tanam hingga setengah bagian pot tanam. Setelah itu, buat lubang tanam di tengah media tanam lalu tanam bibit pandan yang telah disiapkan ditanam dan timbun kembali dengan media tanam hingga media tanam hampir penuh. Setelah penanaman selesai lakukan penyiraman, hingga semua basah.

Perawatan Pandan Dalam Pot

Letakkan pot yang telah ditanami pandan ditempat yang teduh. Lakukan perawatan berupa penyiraman setiap hari, selain penyiraman lakukan pula perawatan berupa pemupukan dengan menggunakan pupuk organik. Lakukan pula pemangkasan dan pemindahan ke pot lain jika anda ingin pandan berukuran besar. Dengan perawatan yang baik, pandan dapat dipanen setelah dua hingga tiga bulan setalh tanam dan dapat bertahan hingga 1-2 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Pandan Dalam Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa