Cara Menanam Paprika Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Paprika Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah

Paprika atau Capsicum annuum merupakan tumbuhan penghasil buah yang memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Tanaman paprika berasal dari suku Solanaceae atau suku terong-terongan, tanaman paprika berasal dari Amerika Selatan. Buah paprika memiliki warna hijau ketika masih muda, dan saat sudah tua akan memiliki warna kuning, ungu atau merah, biasanya buah ini digunakan untuk campuran salad. Namun selain dikonsumsi tanaman buah ini dapat digunakan untuk tanaman hias yang ditanam dalam pot atau polybag tanam. Berikut adalah cara tanam paprika dalam pot atau polybag tanam :

a. Persiapan dan Penyemaian Benih
Sebelum melakukan tanam maka siapkan dahulu benih bibit. Pilihlah benih bibit yang berkualitas dan bibit tersebut bisa anda dapatkan dengan membeli di toko pertanian. Setelah benih bibit didapatkan, selanjutnya lakukan penyemian benih bibit. Sebelum penyemaian benih bibiy direndam dahulu dalam air hangat kuku selama sekitar 4 hingga 6 jam, dan untuk mempercepat perkecambahan tambahkan bawang merah secukupnya pada air rendaman. Sambil menunggu benih bibit berkecambah, siapkan dahulu media semai dari campuran tanah, pupuk kandang dan juga arang sekam. Jika media semai dan benih telah siap maka lakukan penyemaian segera. Setelah berumur 25-30 hari setelah tanam bibit paprika dapat dipindahkan ke pot atau polybag tanam.

b. Persiapan Media Tanam Paprika
Lakukan persiapan media tanam untuk menanam bibit dalam pot atau polybag tanam. Media tanam yang akan digunakan adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, agar tidak terlalu padat media tanam yang disiapkan dicampur dengan arang sekam. Jika sudah masukkan media tanam kedalam pot atau polybag tanam. Untuk ukuran pot atau polybag tanam anda dapat menggunakan yang berukuan diameter minimal 25 cm.

c. Menanam Bibit Paprika Dalam Pot Atau Polybag Tanam
Jika bibit dalam media semai sudah siap tanam yaitu berumur 25-30 hari dan juga pot tanam beserta media tanamnya siap pula maka lakukan penanaman. Tanam bibit paprika dalam pot atau polybag tanam, jika sudah maka lakukan penyiraman agar tanama tidak layu. Penanaman baik dilakukan pada sore hari.

d. Perawatan Tanaman Paprika Dalam Pot Atau Polybag Tanam

  • Pemasangan Ajir atau Lanjaran
    Setelah penanaman maka segera lakukan pemasangan ajir atau lanjaran agar tanaman dapat berdiri tegak dan tidak mudah roboh karena angin.
  • Penyiraman Tanaman Paprika
    Penyiraman dapat dilakukan seperlunya, jangan sampai media tanamnya terlalu lembab karena jika begitu hal tersebut dapat menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit dari cendawan.
  • Penyiangan
    Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Pemupukan
    Lakukan pemupukan pertama pada tanaman paprika yang telah berumur 2 minggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK sekitar 1 sendok yang dilarutkan dalam 5 liter air. Pupuk tersebut kemudian dikocorkan pada tanaman dengan dosis 200 ml per tanaman dan jangan sampai mengenai dau. Pemupukan selanjutnya kemudian dilakukan secara rutin setiap 3 hari sekali.

e. Pengendalian Hama Penyakit
Pengendalian terhadap tanaman yang terserang hama dan penyakit dapat dilakukan dengan cara membuang bagian tanaman yang terserang agar tidak menyerang tanam lainnya atau jika sudah parah maka gunakan insektisida atau fungisida untuk mengendalikan hama dan penyakit tersebut.

f. Pemanenan
Paprika dapat dipanen setelah berumur sekitar 85 hingga 90 hari setelah tanam. Paprika apat dipanen saat masih muda atau berwarna hijau atau saat sudah tua atau telah berwarna kuning, merah, atau ungu.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Paprika Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa