Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Turi Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Turi Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Turi (Sesbania grandiflora) adalah jenis pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan ini diduga berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, tapi sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis di dunia. Nama lain kembang turi ini yaitu toroy, tuwi, turing, suri, tuli, palawu, gala-gala, ngganggala, kalala, uliango, tanunu, kayu jawa, ajatulama, agathi, agati dan lain sebagainya.

Klasifikasi Tanaman Turi
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Faboideae
Bangsa: Robinieae
Genus: Sesbania
Spesies: Sesbania grandiflora

Turi merupakan pohon berkayu lunak dengan umur pohon turi pendek. Tinggi pohon turi dapat mencapai 5-12 m, memiliki akar berbintil, memiliki daun penumpu dengan anak daun berbentuk jorong memanjang, rata, dan menyirip genap serta bertangkai pendek.

Bunga turi berukuran besar dan keluar dari rantingnya. Jika bunga turi mekar maka berbentuk seperti kupu-kupu.Warna bunganya ada yang merah, putih dan ada juga yang berwarna gabungan keduanya. Letak bunga turi tersebut menggantung dengan 2-4 bunga dan bertangkai dengan kuncup berbentuk sabit.

Buah turi berbentuk polong, menggantung, bersekat dengan panjang sekitar 20-55 cm, pada saat muda berwarna hijau dan berwarna kuning keputih-putihan jika sudah tua. Sedangkan biji turi berbentuk bulat panjang dan berwarna coklat muda.

Turi banyak dimanfaatkan sebagai sayur atau lalap setelah direbus (daun, bunga dan polongnya); obat (pepagannya/kulit kayunya) untuk mengobati seriawan, disentri, murus darah, atau menceret; sebagai penyamak dan pewarna; daunnya untuk pakan ternak; peneduh, pagar hidup, penahan angin, pohon rambatan, pohon hias, dan juga untuk menghijaukan lahan kritis.

Dengan banyaknya manfaat tumbuhan turi banyak ditanam di pekarangan, kebun ataupun sawah. Berikut cara budidaya pohon turi selengkapnya:

Cara Menanam Budidaya Pohon Turi

Syarat Tumbuh Pohon Turi

Pohon turi tumbuh di pekarangan, kebun dan sawah baik yang memiliki tahnah subur, tanah asam maupun tanah berair, tapi tanaman turi ini tidak baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl.

Persiapan Lahan Tanam Pohon Turi

Lahan yang akan digunakan untuk menanam pohon turi dibersihkan terlebih dulu dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam berukuran 1 x 1 m dengan kedalaman 50 cm. Selanjutnya, masukkan pupuk kandang yang telah matang ke dalam lubang hingga ketinggian 10-20 cm. Biarkan lubang tanam tersebut selama 7-14 hari agar nutrisi dalam pupuk terserap ke dalam tanah di sekitarnya.

Persiapan Bibit Pohon Turi

Perbanyakan bibit pohon kembang turi dapat dilakukan melalui biji dan stek batang. Jika melalui biji, ambil biji turi berasal dari buah polong yang sudah tua dan mengering. Setelah dikeluarkan dari kulitnya, biji tersbeut disemaikan di dalam polybag. Media persemaian yang digunakan yaitu berupa campuran tanah, pasir,dan pupuk kompos dengan komposisi sama rata. Bibit pohon turi siap dipindahtanamkan ke lahan tanam setelah ukurannya mencapai 30-40 cm.

Penanaman Bibit Pohon Turi

Setelah semuanya siap, segeralah lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media tanamnya. Setelah itu, masukkan bibit ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak lalu tutup kembali dengan tanah bekss galian lubang dan sedikit padatkan. Penanamn ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Perawatan Tanaman Turi

Pada dasarnya, tanaman turi tidak membutuhkan perawatan yang begitu rumit. Pohon kembang turi ini dapat hidup dengan subur di lingkungan yang cukup ekstrem asalkan kebutuhan air dan nutrisinya tercukupi. Pada masa awal pertumbuhannya, lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Selain itu, agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman turi terpenuhi lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang setiap sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar pohon turi minimal setiap 3 bulan sekali. Lakukan pula pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang mengering atau terserang hama dan penyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Turi Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa