Cara Menanam Raspberry Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Raspberry Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Raspberry merupakan tanaman semak dari keluarga RUBUS yang termasuk dalam tanaman semak. Raspberry adalah salah satu jenis berry yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah ini memiliki cita rasa yang manis dan asam.

Jenis raspberry yang banyak dibudidayakan adalah yang memiliki buah berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Buah Raspberry yang matang memiliki rasa manis dengan warna merah, hitam ungu atau kuning keemasan tergantung dengan jenis yang ditanamnya.

Berbeda dengan jenis berry lainnya, buah raspberry memiliki rongga pada bagian tengah setelah diambil tangkainya. Berak satu buah raspberry sekitar 4 gram. Buah raspberry mengandung vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Cara Menanam Raspberry Dari Biji

Persiapan Bibit Raspberry

Bekukan bibit atau benih raspberry dalam freezer selama 3 hari-2 minggu. Kemudian, siapkan wadah atau toples bening yang bersih, taruh tumpukan tisu di wadah dan basahi dengan air sampai tisu lembab. Tabur benih diatas tisu, beri jarak antar masing masing benih agar bisa tumbuh dengan maksimal. Tutup wadah dan simpan di tempat gelap, jaga kelembapannya dan cek selama 3-4 hari. Ketika bibit sudah terlihat berkecambah dengan panjang 5-10 cm maka kecambah siap untuk di pindahkan ke media tanam yang sesungguhnya.

Penanaman Raspberry

Tempat tanam yang bisa digunakan untuk menanam raspberry yaitu gelas plastik atau potongan botol yang memiliki diameter cukup besar. Selanjutnya, buat lubang kecil di bagian bawahnya sebagai aliran air. Siapkan media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan cocopeat dengan perbandingan 1:1. Buat lubang di media dengan menggunakan tusuk gigi hingga kedalaman 1 cm. Masukkan bibit dan tutup dengan tanah sedikit saja. Tutup wadah tanam berupa botol atau gelas plastik dengan plastik bening dan beri lubang untuk sirkulasi udara. Setelah beberapa lama, maka bibit akan tumbuh, anda bisa memindahkan anakan raspberry ketika sudah terlihat beberapa daun ke polybag atau media tanam yang lebih permanen.

Perawatan Tanaman dan Pemanenan Raspberry

Perawatan tanaman raspberry ini tidak terlalu sulit. Karena tanaman raspberry termasuk tanaman yang tidak terlalu manja, perawatan yang perlu dilakukan yaitu penyiraman ketika tanaman raspberry terlihat kering, keadaan terlalu lembab akan menyebabkan tanaman rasperry menjadi cepat mati karena akarnya menjadi busuk. Selain itu, jangan lupa lakukan penyiangan pada gulma atau tranaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman raspberry. Pastikan juga, tanaman diberi pupuk setelah usia tanaman lebih dari 2 bulan.

Pemanenan buah raspberry dapat dilakukan saat buahnya telah memperlihatkan warna merah sempurna.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Raspberry Dari Biji Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa