Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah 

Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu tanaman buah rambat yang berasal dari famili Cucurbitaceae, Tanaman buah ini berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Tanaman semangka memiliki buah dengan kulit keras dan berwarna hijau muda atau pekat dengan garis atau larik berwarna hijau tua. Daging buah semangka berair dan berwarna merah atau kuning tergantung kultivarnya. Biasanya buah semangka dimakan langsung atau juga dibuat jus.

Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag

a. Pembibitan
Bibit semangka diperoleh dari biji. Pilihlah biji benih yang baik yaitu biji benih yang berasal dari buah semangka yang telah tua dan benar-benar matang. Pisahkan biji dari daging buah kemudian letakan dalam wadah dan angin-anginkan namun sebaiknya gunakan tampah agar kandungan air dalam biji benih semangka cepat berkurang saat proses penganginan.

b. Pot dan Media tanam
Ukuran pot yang akan digunakan untuk menanam semangka nantinya harus mampu menopang tanaman semangka tersebut atau disesuaikan. Media tanam yang digunakan untuk menanam semangka adlah campuran dari tanah yang gembur dengan pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah pot dan media tanam siap, masukkan media tanam dalam pot dan biarkan selama sekitar satu minggu.

c. Penanaman Semangka dalam Pot
Sebelum penanaman, buatlah lubang tanam sebanyak 3 lubang dengan kedalam sekitar 6 cm pada media tanam di pot. Masukkan sekitar 1 biji benih kedalam setiap lubang tanam dan tutup lubang. Siram kemudian pindahkan pot pada tempat yang terkena sinar atau cahaya matahari secara langsung. Jangan lakukan penyiraman selama pembibitan tersebut. Jika hujan maka pindahkan pot ketempat yang bernaung. Biarkan biji benih tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 10 cm. Jika sudah bertunas maka penyiraman dilakukan secukupnya saja agar bibit tidak busuk.

Pindahkan tanaman semangka yang telah berumur sekitar 2 hingga 3 minggu pada tempat yang lebih terbuka , beri tiang penyangga untuk tanam semangka merambat.

d. Perawatan Dan Pemanenan Semangka
Penyiraman dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari Namun jika tanaman sudah mulai berbuah maka penyiraman dilakukan 2 hari sekali untuk menghindari pembusukan buah serta agar buah yang dihasilkan akan manis pula. Lakukan juga penggemburan media tanam serta lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu di sekitar tanaman semangka didalam pot. Pemupukan susulan dilakukan saat tanaman telah berbunga. Jika buah sudah besar maka gunakan kain lalu ikatkan pada penahan untuk menahan berat buah agar tidak patah sebelum waktu panen. Pemanenan dilakukan saat buah masak yaitu pada umur 2-3 bulan ditandai dengan tangkai yang mengkerut, pemanenan semangka dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan gunting agar tanama tidak rusak.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa