Cara Menanam Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen

Sengon atau Albasia adalah salah satu jenis kayu yang memiliki bernilai ekonomi yang cukup tinggi.Pohon sengon ini dapat mencapai ketinggian sekitar 30 meter – 45 meter dengan diameter sekitar 70cm-80cm. Kayu sengon banyak dimanfaatkan untuk membuat tiang bangunan rumah, pagar, tangkai korek api, kertas, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Albizia
Spesies: A. chinensis

Melakukan budidaya sengon dapat dijadikan prospek usaha yang cukup bagus, Berikut adalah Cara Budidaya Sengon atau Albasia:

a. Persiapan Bibit Sengon
Menanam sengon membutuhkan kesabarab dan ketelatenan yang tinggi. Biasanya budidaya segon dilakukan melalui biji. Biji untuk budidaya jumlahnya tergantung dengan luas lahan tanam. Biji yang akan dibudidaya agar cepat berkecambah, biji direndam dulu dalam air mendidih sekitar 15 hingga 30 menit, kemudian didinginkan dalm air dingin selama sekitar 24 jam.

b. Memilih Lokasi Penanaman Dan Persiapan Lahan Tanam
Lokasi penanaman sangatlah menentukan keberhasilan pertumbuhan sengon. Pilihlah lokasi lahan tanam yang datar serta memiliki sumber air yang mudah di jangkau, tanahnya subur tidak mengandung tanah liat, dan pastinya lokasi dekat denganjalan sehingga mudah saat mengangkut hasil panennya.

Setelah memilih lokasi lahan tanam, lahan tanam yang telah ditentukan tersebut dibersihkan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang bisa mengganggu pertumbuhan sengon. dalam mempersiapkan lahan ada 3 cara yaitu cara mekanik, semi mekanik dan manual. Persiapan lahan tersebut diawali dengan pembersihan tanaman pengganggu seperti padang rumput dan semak belukar Dan Pengolahan tanah dengan cara membajak atau mencangkul tanah agar strukturnya menjadi baik.

c. Penanaman Sengon
Pertama buatlah ajir tanam menggunakan bambu atau kayu untuk mempermudah penanam karena sudah ada tanda dimana bibit sengon tersebut akan ditanam. Buatlah lubang tanam tepat pada tancapn ajir tersebut dengan ukuran sekitar 30 cm x 30 cm x 30 cm. Ambil bibit dari tempat persemaian ke tempat penampungan bobit sementara. Selanjutnya lakukan penanaman bibit. Masukkan bibit sengon dengan hati-hati kedalam lubang tanam yang telah di buat.

d. Perawatan Tanaman Sengon
1. Penyulaman
Jika ada tanaman sengon yang mati malka lakukan pergantian tanaman tersebut dengan tanaman yang baru.
2. Penyiangan
Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar tanaman.
3. Pendangiran
Lakukan pendangiran tau penggemburan tanah agar memperbaiki stuktur tanah di sekitar tanaman.
4. Pemangkasan
Lakukanlah pemangkasan terhadap cabang-cabang tanaman sengon yang tidak berguna.
5. Penjarangan
Lakukan penebangan pohon agar memberi ruang tambahan bagi tanaman sengon yang masih ada.

e. Pemanenan Kayu Sengon
sengon dapat dipanen setelah berumur sekitar 5 hingga 7 tahun. Pemanenan dilakukan dengan car menebang pohon, penebangan sengon dilakukan dengan tiga teknik, yaitu takik balik, takik rebah dan arah rebah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa