Cara Menanam Tabulampot Nangka Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot atau Tabulampot Nangka Mini Agar Cepat Berbuah – Nangka mini merupakan salah satu jenis tanaman buah tahunan. Banyak orang kini mulai membudidayakan nangka mini ini karena nangka mini tergolong tanaman buah yang cepat menghasilkan, biasanya hasilnya banyak dan cukup lama memberikan hasil buah dan tanaman nangka mini ini dapat tumbuh hingga ketinggian 3-5 meter. Jika anda ingin membudidayakan nangka mini namun tidak memiliki lahan, anda dapat menanam nangka mini dalam pot terlebih ukurannya tidak terlalu besar. Berikut cara tabulampot nangka mini atau cara menanam nangka mini dalam pot:

Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot atau Tabulampot Nangka Mini

Syarat Tumbuh Nangka Mini

Nangka mini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian sekitar 1-700 mdpl, memiliki curah hujan tinggi yaitu sekitar 2500-3000 mm/th. Tanah yang baik untuk menanam nangka mini adalah tanah yang gembur agak berpasir.

Persiapan Bibit Nangka Mini

Nangka mini dapat diperbanyak melalui biji maupun sambung susu. Tapi jika dilihat dari hasil produksi buahnya, bibit yang berasal dari sambung susu lebih cepat berbuah dibandingkan dengan bibit yang diperbanyak melalui biji. Bibt yang berasal dari sambung susu dapat berbuah setelah berumur 2-3 tahun sedangkan bibit dari biji dapat berbuah setelah lebih dari 5 tahun.

Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot

Pertama, siapkan media tanam yang porous, umumnya yaitu campuran tanah yang subur, pupuk kandang dan juga sekam mentah dengan perbandingan 1 : 2 : 1.

Selanjutnya, siapkan pot tanam dengan ukuran disesuaikan dengan bibit yang akan ditanam. Masukkan media tanam dalam pot lalu tanam bibit nangka mini tersebut.

Cara Merawat Nangka Mini Dalam Pot

Lakukan penyiraman pada bibit nangka mini secara rutin yaitu setiap sahari sekali. Lakukan pula pemupukan. Pupuk NPK dan KNO3 diberikan setiap sebulan sekali dengan dosis masing-masing sekitar 25 gram dan 5 gram per tanaman namun jika sudah mulai berbuah, pemberian pupuk ini dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali. Selain itu, berikan pula pupuk kandang atau kompos setiap setahun hingga 2 tahun sekali dan juga pemberian pupuk daun setiap 2 minggu sekali hingga tanaman nangka mini berumur 17 bulan.

Merangsang Pembungaan Nangka Mini

Hentikan penyiraman pada media tanam hingga sekitar 7 hari hingga media tanam kering. Kemudian lakukan penyiraman kembali sembari berikan 3 sdm NPK, lalu biarkan keting kembali. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali hingga bunga muncul.

Setelah bunga muncul, lakukan penyiraman setiap hari karena jika kekurangan air bunga bisa rontok. Letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Selain cara diatas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga nangkan yaitu dengan melukai, mengebor atau mengikat batang. Tujuannya untuk menghambat hasil asimilasi daun agar tidak menyebar ke seluruh bagian tanaman, namun hanya difokuskan untuk merangsang pembungaan.

Penjarangan dan Pembungkusan Buah Nangka Mini

Pada satu dahan sebaiknya hanya ditumbuhi satu buah nangka. Dengan begitu, buah akan tumbuh sempurna. Jika sudah, buah yang dipilih langsung dibungkus dengan kertas semen yang sudah dicelupkan ke dalam larutan insektisida atau anyaman daun kelapa agar terhindar dari serangan hama, seperti semut, tikus, dan kelelawar.

Masa Panen Nangka Mini

Buah nangka mini dapat mulai dipanen saat tanaman berumur 1,5 tahun setelah tanam atau setelah 4 bulan berbunga. Bentuk buah nangka mini sama saja dengan bangka pada umumnya namun hanya ukurannya saja yang lebih kecil dengan bobot buah rata-rata sekitar 5-15 kg.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Tabulampot Nangka Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa