Cara Menanam Tanaman Brotowali Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Tanaman Brotowali Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Dengan Mudah – Bratawali, Brotowali atau Akar Aliali (Tinospora crispa) merupakan tanaman obat tradisional Indonesia yang bisa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Nama lain brotowali yaitu andawali, antawali, putrawali atau daun gadel.

Tanaman Brotowali merupakan tanaman perdu memanjat dengan tinggi batang mencapai 2,5 meter. Batang brotowali berukuran sebesar jari kelingking, berbintil rapat yang rasanya pahit. Daun brotowali tunggal dengan bentuk seperti jantung atau agak bundar seperti telur dengan ujung lancip dengan ukuran sekitar 7-12 cm untuk panjangnya dan 5-10 cm untuk lebarnya. Bunga brotowali berukuran kecil dengan warna hijau muda.

Klasifikasi Ilmiah Brotowali
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ranunculales
Famili: Menispermaceae
Genus: Tinospora
Spesies: T. crispa

Tanaman brotowali kaya kandungan kimia diantaranya seperti alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Tanaman brotowali memiliki banyak manfaat, rebutsan batang brotowali yang sangat pahit dapat dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis.

Cara Menanam Brotowali Dalam Pot

Persiapan Bibit Brotowali

Brotowali dapat diperbanyak melalui stek batang agar pertumbuhan tanaman seragam. Stek batang diambil dari batang yang sehat dan cukup tua. Panjang stek batang bisa 5 cm, 10 cm, atau 15 cm.

Bibit stek tersebut kemudian ditanam di polybag tanam yang berisi media tanam berupa campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Stek batang ditunaskan selama 3-4 minggu. Untuk mempercepat pertumbuhan tunas dapat digunakan atonik atau air kelapa.

Persiapan Tempat Tanam Dan Media Tanam Brotowali

Siapkan pot tanam dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran bibit brotowali yang akan ditanam. Siapkan pula media tanam berupa campuran pupuk kandang atau pupuk kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1.

Cara Menanam Brotowali Dalam Pot

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Masukan media tanam hingga sepertiga bagian pot lalu letakkan bibit brotowali tepat ditengah-tengah dengan posisi tegak dan timbun kembali dengan sisa media tanam tadi hingga sekitar 5 cm dibawah bibir pot. Letakkan pot pada tempat yang teduh dekat dengan media rambatnya seperti pohon, tembok atau ajir yang dibuat sebelumnya.

Cara Pemeliharaan Brotowali Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk organik baik itu pupuk kandang maupun pupuk kompos agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman brotowali terpenuhi. Jika ada gulma atau tanamn pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanmana dalam pit maka lakukan penyiangan segera.

Pemanenan Brotowali

Batang brotowali dapat mulai dipanen jika sudah berwarna cokelat kehitaman. Cara panen brotowali dilakukan dengan cara memangkas batang brotowali. Setelah itu potong kasar batang dan keringkan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Tanaman Brotowali Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa