Cara Menanam Tanaman Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan CEPAT TUMBUH

Posted on

Cara Menanam Tanaman Bunga Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan – Ekor kucing (Acalypha hispida) adalah salah satu tanaman asli dari Hindia Barat. Tanaman ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias di taman ataupun halaman rumah.

Tanaman bunga ekor kucing termasuk dalam jenis tanaman perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 meter hingga 3 meter, memiliki batang bulat dengan permukaan kasar dan berwarna coklat kehijauan. Daun bunga ekor kucing tunggal dengan tangkai panjang dan terletak berseling maupun berhadapan, berbentuk oval maupun lonjong dengan bagian pangkal meruncing dan bagian tepi bergerigi. Sedangkankan bunga ekor kucing memiliki bentuk hampir sama dengan ekor kucing dengan warna bunga kemerahan muda atau tua.

Klasifikasi bunga ekor kucing
Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Viridiplantae
Super divisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Sub divisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Super ordo : Rosanae
Ordo : Malpighiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Aclypha L
Spesies : Acalypha hispida

Cara Menanam Ekor Kucing Di Pekarangan Rumah

Terdapat beberapa tipe tanaman ekor kucing, salah satunya yaitu dwarf acalypha yang cocok dijadikan tanaman hias di dalam pot biasa ataupun pot gantung.

Menanam bunga ekor kucing di rumah dapat dilakukan melalui stek batang. Stek batang dinilai sebagai cara menanam yang paling mudah dan cepat.

Tanaman ekor kucing akan tumbuh dengan sangat baik pada daerah dataran rendah beriklim panas dengan suhu rata-rata 30 hingga 35 derajat Celcius.

Tanaman bunga ekor kucing ini termasuk dalam jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari, jadi tidak ada masalah jika tanaman ekor kucing ini terkena sinar matahari sepanjang hari.

Tanaman ekor kucing akan mulai berbunga setelah berumur satu bulan setelah tanam. Tanaman ini dapat tumbuh dan berbunga lebih dari sekali dan jumlah bunga yang muncul tiap tanaman bisa lebih dari 5.

Cara Menanam Ekor Kucing Di Pot

Selain ditanam di tanah secara langsung seperti pada taman atau pekarangan rumah, anda yang tidak memiliki lahan dapat melakukan penanaman di pot tanam. Pilihlah pot yang setidaknya memiliki diameter sekitar 20-30 cm, baik itu pot biasa atau pot gantung. Sediakan pula media tanam berupa tanah humus ataupun tanah kompos.

Setelah tanaman bunga ekor kucing berhasil ditanam, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, setidaknya lakukan penyiraman setiap satu kali sehari. Selain itu lakukan pula pemupukan, pemupukan tanaman ini tidak begitu rumit, berikan pupuk setidaknya sebanyak satu kali dalam sebulan dengan menggunakan pupuk NPK Bunga.

Manfaat Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing memiliki begitu banyak manfaat diantaranya membantu mengatasi radang usus, muntah darah, cacingan, mimisan, disentri, luka bakar dan lain sebagainya

Semua penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan bunga ekor kucing sedangkan daun ekor kucing memiliki manfaat sebagai obat batuk darah, sariawan, disentri dan lain sebagainya.

Untuk obat minum, rebuslah 10-30 gram bunga, lalu air rebusan bunga ekor kucing diminum. Sedangkan untuk pemakaian luarnya, giling daun ekor kucing atau bunga ekor kucing secukupnya hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa