Cara Menanam Tanaman Hanjuang Atau Andong (Cordyline), Tanaman Hias Daun Yang Kaya Manfaat

Posted on

Cara Menanam Tanaman Hanjuang Atau Andong (Cordyline), Tanaman Hias Daun Yang kaya Manfaat  – Hanjuang (Cordyline) atau andong merupakan sekelompok tumbuhan monokotil berbatang yang sering dijumpai sebagai tanaman hias. Terdapat sekitar 15 jenis tanaman hanjuang ini.

Klasifikasi Tanaman Hanjuang atau Andong
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Laxmanniaceae
Genus: Cordyline

Daun hanjuang khas, berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Cordyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena). Kebanyakan jenis Cordyline merupakan tanaman hias karena warna daunnya yang berubah menjadi merah jika mendapat sinar matahari langsung.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman andong atau tanaman hanjuang ini bisa digunakan untuk beberapa bahan baku dari ramuan obat tradisional, adapun khasiat dan manfaat tanaman andong atau hanjuang ini diantaranya yaitu untuk mengobati keputihan pada wanita, batuk berdarah, wasir, diare dan sengatan serangga.

Cara Menanam Tanaman Hanjuang Atau Andong

Cara menanam tanaman hanjuang atau tanaman andong ini bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu pertama ditanam melalui stek atau ditanam untuk tanaman hias di dalam ruangan yaitu dengan cara direndam di bawah air.

Cara Menanam Tanaman Hanjuang dengan Metode Stek Batang

Berikut cara menanam tanaman hanjuang dengan metode stek batang:

Siapkan batang untuk di stek
Batang stek bisa diambil dari batang tanaman secara langsung dengan cara memotong batang tanaman sepanjang 30-40 cm.

Siapkan Media Tanam Stek Bang Tanaman Hanjuang
Tanah yang ditanami bisa di dalam pot atau di pekarangan rumah, hal tersebut sama saja yang terpenting tanah dalam keadaan subur dan tidak kering.

Penanaman Stek Batang Hanjuang
Penanaman stek batang hanjuang dilakukan dengan cara ditancapkan ke dalam tanah, dengan terlebih dahulu memperhatikan posisi stek batang tersebut jangan sampai terbalik, batang stek tanaman bisa terlebih dahulu direndang kedalam ZPT bisa juga tidak perlu.

Perawatan Tanaman Hanjuang
Lakukan penyiraman pada stek batang secara rutin, minimal dilakukan dua kali sehari karena untuk merangsang perakarang keluar, sebaiknya stek batang ini dilakukan pada musim hujan.

Cara Menanam Tanaman Hanjuang dengan Metode Direndam di Bawah Air dan Disimpan dalam Toples

Berikut selengkapnya:

  • Pertama, siapkan setek batang kira-kira sepanjang 30-40 cm, sisakan beberapa helai daunnya
  • Selanjutnya, siapkan toples atau wadah, disarankan toples atau wadah yang bening
  • Kemudian, isi toples dengan air seperlunya.
  • Simpan setek batang tanaman hanjuang ke dalam toples tersebut, posisi setek batang jangan sampai terbalik
  • Nantinya, setelah sekitar 1 minggu akar pada setek batang tersebut akan keluar, maka setek batang berhasil dan tanaman bisa disimpan sebagai tanaman hias di atas meja atau di sudut ruangan untuk hiasan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Tanaman Hanjuang Atau Andong (Cordyline), Tanaman Hias Daun Yang Kaya Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa