Cara Menanam Tanaman Hias Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur

Posted on

Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur – Pucuk Merah atau Syzygium oleana adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki tajuk dan daun mirip dengan tanaman cengkeh. Tanaman bunga pucuk merah dapat memiliki diameter batang hingga sekitar 30 cm dan tinggi batang sekitar 7 m. Tanaman ini dikenal dengan pucuk merah karena keseluruhan daunnya memiliki warna hijau kecuali pada bagian pucuk daun yang berwarna merah. Tanaman hias pucuk merah ini merupakan tanaman hias tropis sehingga cocok ditanam di Indonesia.

Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot

Cara Perbanyakan Pucuk Merah

Perbanyakan bibit pucuk merah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara generatif (melalui biji) dan vegetatif (dengan cara stek batang).

Cara Perbanyakan Pucuk Merah Secara Generatif
Biji dapat diperoleh dari pohon pucuk merah yang sudah cukup tua dan berbatang besar. Biji pucuk merah berbentuk bulat dan berukuran kecil mirip biji lada. Biji yang baik untuk bibit yaitu biji yang sudah tua dan berwarna kehitam-hitaman. Biji tersebut kemudian disemai, berikut cara semai biji pucuk merah:

Biji bisa disemai ditanah langsung atau menggunakan polybag ukuran kecil. Siapkan media semai berupa tanah gembur, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Jika sudah tumbuh dan kira-kira tingginya sekitar 15 cm, pindahkan bibit ke polybag yang lebih besar.

Cara Perbanyakan Pucuk Merah Secara Vegetatif
Pilihlah batang yang baik untuk stek yaitu batang yang tidak terlalu mudaatau terlalu tua. Setelah menentukan batang yang akan distek, kemudian potong batang tersebut dengan panjang sekitar 20 – 25 cm. Buang daun yang ada pada batang stek dan sisakan beberapa helai saja.

Untuk merangsang tumbuhnya akar, rendam batang stek dengan larutan ZPT atau air bawang merah beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan tanam kedalam polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos. Agar kulit stek tidak rusak, buat lubang tanam pada polybag terlebih dahulu dengan kedalaman kira-kira 5 cm. Setelah itu, letakkan polybag ditempat yang teduh agar bibit stek cepat tumbuh. Siram secukupnya dan jangan terlalu basah jika media semai terlihat kering.

Cara Menanam Pohon Pucuk Merah Dalam Pot/Polybag

Jika menanam pohon pucuk merah dalam pot, maka siapkan pot dengan ukuran besar, kira-kira pot yang berdiameter 50-70 cm. Siapkan pula media tanam yang berupa campuran tanah, arang sekam/sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Berikut ini cara menanam pucuk merah dalam pot:

Masukkan media tanam ke dalam pot/polybag dengan sedikit di tekan. Setelah itu, buka polybag bibit pucuk merah dengan perlahan agar media semainya tidak rusak. Setelah itu, potong dengan hati-hati akar tunggangnya menggunakan pisau. Hal tersebut bertujuan agar nantinya akar tunggang tidak menembus pot.

Letakkan bibit pucuk merah ditengah pot, lalu masukkan media tanam kembali sembari ditekan-tekan sedikit hingga media semai tertutup. Setelah itu, tempatkan di tempat yang teduh selama beberapa hari agar tanaman pucuk merah beradaptasi. Kemudian, lakukan penyiraman secukupnya. Jika dirasa tanaman sudah cukup kuat, tanaman dapat diperkenalkan dengan sinar matahari secara bertahap lalu pot bisa diletakkan ditempat yang dikehendaki.

Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah

Agar pucuk tetap indah dan tetap menghasilkan pucuk merah baru perlu dilakukan pemangkasan pada daun-daun yang sudah tua secara berkala minimal 2 minggu sekali. Untuk mendapatkan tajuk yang indah perlu dilakukan pemangkasan secara rutin yaitu 2 atau 3 bulan sekali.

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari agar terjaga kesuburan dan pertumbuhan pucuk. Selain itu lakukan pemupukan secara berkala minimal setiap 2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa