Bunga Jengger Ayam

Cara Menanam Tanaman Jengger Ayam Untuk Hiasan Taman

Posted on

Cara Menanam Tanaman Bunga Jengger Ayam Untuk Hiasan Taman Celosia cristata adalah jenis tanaman bunga semusim yang lebih dikenal dengan bunga jengger atau kembang jembel ayam karena bunga ini memiliki bentuk seperti jengger ayam yang berwarana merah darah. Tanaman bunga ini mudah tumbuh dan awalnya tanaman bunga ini tumbuh liar namun karena bunga ini memiliki warna yang menarik, bunga ini banyak di tanam sebagai bunga hias di taman pekarangan rumah. Jika anda ingin melakukan penanaman bunga jengger ini, berikut ini adalah cara selengkapnya.

Cara Menanam Budidaya Bunga Jengger

Menanam bunga jengger sangat mudah, berikut caranya:

Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan ditanami bunga jembel diolah terlebih dahulu. Tanaha lahan digemburkan dengan cara dicangkuli, selanjutnya bersihkan gulma atau tanaman liar lainnya yang nantinya dapat mengganggu pertumbuhan bunga.

Persiapan Bibit Bunga Jengger

Bibit bunga jengger berasal dari bunga jengger yang telah matang dan tua yang terletak dibaguan samping kiri kanan bunga. Bunga jengger berasal dari biji yang terletak di samping bunga, biji tersebut berbentuk bulat kecil berwarna hitam. Biji tersebut diambil dengan cara di gosok hingga bijinya keluar.

Menanam dan Merawat Bunga Jengger

Buatlah bedengan kemudian sebarkan biji secara merata lalu timbun kembali dengan tanah atau pupuk kompos/bokashi tipis saja. Lakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga merata (air jangna terlalu deras. Selain dengan bedengan, penyebaran benih dapat di lakukan di pot atau polybag tanam lalu tutup fengan kompos atau tanah tipis lalu siram dengan air yang tidak deras.

Lakukan penyiraman secara teratur setiap hari dan apabila benih telah tumbuh, penyiraman dapat dikurangi menjadi dua hari sekali.

Jika tanaman bunga jengger sudah tumbuh dan jarak antar tanaman terlalu rapat maka lakukan penjarangan. Tanaman yang tumbuh terlalu dekat dicabut dan ditanam dengan jarak tanam yang diinginkan.

Selain itu, lakukan pula pembersihan rumput atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman bunga jengger dengan cara dicabut lalu dibakar.

Setiap dua minggu sekali, lakukan pula pembubunan atau menaikan kembali tanah yang ada disekitar akar atau batang yang turun akibat penyiraman atau air hujan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Jengger Ayam Untuk Hiasan Taman“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa