Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Posted on

Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah – Sikas atau pakis haji merupakan salah satu tanaman hias yang lazimnya ditanam di luar ruangan. Tanaman sikas ini mberasal dari keluarga suku Cycadinae. Tanaman sikas ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama Mawar Jambe. Konon katanya, tanaman sikas ini sudah ada sejak jutaan tahun lalu dan merupakan makanan dinosaurus pada waktu itu. Tanaman Sikas ini sangat menarik perhatian pencinta tanaman hias karena struktur batangnya yang keras berkayu berwarna cokelat berjonjot dan daunnya berwarna hijau gelap mengkilap. Memang tanaman sikas ini terkenal dengan pertumbuhannya yang lambat, namun daun tanaman sikas dapat tumbuh hingga berukuran panjang sekitar 75 cm.

Klasifikasi Sikas
Kingdom: Plantae
Divisi: Cycadophyta
Kelas: Cycadopsida
Ordo: Cycadales
Famili: Cycadaceae
Persoon
Genus: Cycas

Cara Menanam Sikas Di Pot

Persiapan Bibit Sikas

Pembibitan sikas dapat dilakukan melalui 2 cara melalui vegetatif dan generatif. Pembibitan secara generatif dilakukan melalui stek batang yang berukuan sedang dan sudah cukup umur. Sedangkan cara generatif dilakukan melalui biji yang dihasilkan oleh tanaman sikas. Selain itu, pembibitan dapat dilakukan melalui anakan dari tunas yang keluar dari samping batang.

Cara Menanam Sikas Di Pot

Pertama, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 lalu semua bahan diaduk hingga tercampur rata. Kemudian masukan media tanam tersebut ke pot tanam dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran tanaman sikas yang akan ditanam.

Tanam bibit sikas ke dalam lubang tanam yang dibuat dengan kedalaman sedang dan tidak terlalu dalam lalu timbun kembali dan sedikit padatkan. Kemudian letakkan pot tersebut di daerah yang kering agar terhindar dari pembusukan dan penyakit tanaman.

Cara Merawat Tanaman Sikas Dalam Pot

Tanaman sikas tidak menyukai kandungan air yang terlalu banyak, jadi penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja tidak perlu setiap hari. Untuk pertumbuhan yang lebih baik, penyiraman tersebut dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Agar gizi atau kebutuhan tanaman sikas terpenuhi maka perlu dilakukan pemupukan. Pemberian pupuk tersebut dilakukan secara seimbang antara pupuk organik dan pupuk non organik agar kebutuhan gizi yang diperlukan tanaman sikas dapat terpenuhi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memberikan fungisida pada tanah agar tidak ditumbuhi jamur.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa