Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula

Blueberry adalah nama buah dari salah satu tanaman yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan memiliki nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus, berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis.

Meskipun sama-sama memiliki rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya memiliki satu buah pada setiap tangkainya.

Buah blueberry memiliki ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang bulat memiliki mahkota diujung buahnya.

Meskipun tanaman blueberry berasla dari dari Amerika Utara, saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan seperti di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.

Berdasarkan penelitian terakhir pada Blueberry, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya mampu mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.

Karena manfaatnya, banyak orang yang mencoba untuk melakukan budidaya blueberry ini, bagi anda yang penasaran bagaimana cara menanam blueberry atau cara budidaya blueberry berikut penjelasan selengkapnya:

a. Syarat Tumbuh
Lahan yang digunakan untuk budidaya sebaiknya terkena sinar matahari secara penuh dan tanah pada lahan memiliki sistem drainase yang baik. Tanaman blueberry akan tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH sekitar 4,5-4,8. Jika pH tanah terlalu asam, dapat dilakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit sesuai dengan kebutuhan. Untuk melakukan pengecekan pH tanah dapat dilakukan setiap satu tahun sekali.

b. Penyerbukan Blueberry
Tanaman Blueberry mempunyai bunga jantan dan betina dalam satu pohon jadi tidak ada masalah dalam proses penyerbukan. Namun jika dalam satu lahan terdapat beberapa varietas blueberry anda dapat melakukan penyerrbukan silang untuk menghasilkan blueberry dengan varietas blueberry yang baru yang lebih baik.

c. Penananam Blueberry
Karena blueberry memiliki perakaran yang rapat dan melebar maka lunbang tanam yang dibuat lebar dengan kedalaman lubang dapat disesuaikan dengan tinggi media tanam saat tanaman diperoleh dari nusery tempat pembibitan tanaman blueberry.

Campurkan tanah subur yang kaya akan bahan organik dengan peat moss atau tanah gambut yang berasal dari tumbuhan lumut-lumutan dengan perbandingan 50:50. Jarak tanam ideal yang digunakan untuk menanam blueberry yaitu sekitar 1,8m-3m.

d. Pemberian Mulsa
Beri mulsa jerami diatas permukaan lunbang tanam setebal 10 cm – 15 cm agar kelembaban tanah tetap terjaga dan pertumbuhan gulma dapat dikendalikan.

e. Pengairan
Pemberian air dilakukan secara teratur afgar tanah tetap lembab namun jangan terlalu hingga tanah jenuh air.

f. Pemupukan
Pemupukkan dapat dilakukan dua kali selama masa pertumbuhan dengan dosis sebanyak 2 ons NPK 12-4-8 dengan jarak sekitar 30 cm melingkar dari pangkal batang. 1 ons ammonia sulfate dapat diberikan jika tanaman terlihat menguning.

Pemupukan lanjutan yang diberikan pada tanaman perlu disesuaikan dengan pertumbuhan ruas daun. Pada tahapan munculnya tunas daun kedua dan ketiga pemupukan NPK 12-4-8 dapat diberikan sebanyak 4 ons. Pada fase kemunculan daun ke 4, 5, 6 dan seterusnya, pupuk diberikan dengan dosis masing-masing 6 ons, 8 ons, dan 10 ons.

g. Perlindungan dari Hama
Setelah muncul buah, sebaiknya buah langsung di lindungi atau dibungkus mengggunakan jaring nylon agar buah tidak dimakan oleh hama burung.

h. Pemanenan Blueberry
Untuk mendapatkan Blueberry yang berkualitas baik, pemanenan buah dilakukan pada 4 – 6 hari setelah buah berubah seluruhnya menjadi biru.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa