Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula Yang Benar

Posted on

Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula Yang Benar

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Hal-hal Yang perlu dipersiapkan dan cara memelihara serta merawat kucing persia yang baik. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Kucing Persia merupakan ras kucing tertua lainnya selain turkish anggora. Kucing persia memiliki bulu panjang (longhair breed), memiliki hidung yang pesek, dan berdasarkan golongannya di bedakan atas beberapa tipe, antara lain: Peaknose, Persian medium, Persian flatnose. Kucing persia memiliki bentuk kaki pendek dan kuat.

kucing persia

Mungkin diantara kalian ingin atau sudah memelihara kucing persia, tapi apakah kalian sudah tau cara merawat kucing persia yang benar? Berikut adalah cara merawat kucing persia:

Hal yang perlu diperhatikan ketika akan merawat kucing persia adalah mempersiapkan alat-alat atau perlengkapan. Berikut adalah perlengkapan yang harus dimiliki :

  • Makanan

Makanan yang akan di berikan pada kucing nantinya harus diperhatikan labelnya. Agar tidak salah asupan, perhatikan label apabila untuk kucing kecil cari makanan yang berlabel kitten.

  • Tempat Makan dan Minum

tempat-makan-dan-minum-kucing-persia

Untuk tempat makan dan minum pilihlah yang efisien agar menghemat tempat dalam kandang.

  • Takaran Makanan

Takaran ini berfungsi untuk mengambil makanan, takaran ini anda bisa membeli atau membuatnya sendiri.

  • Bak Pasir, Pasir dan Serokan Pasir

bak-pasir-dan-pasir-unru-kucing-persia serokan-pasir-kucing-persia

Bak pasir ini berfungsi untuk tempat pasir atau tempat buang air kecil atau buang air besar ( jika sudah ada pasir. Pasir khusus untuk kucing mempunyai fungsi untuk menggumpalkan dan mengeringkan kotoran kucing sehingga untuk membuangnya sangat mudah dan tidak mudah bau. Serokan pasir berfungsi untuk membuang kotoran yang telah menggumpal dalam bak pasir dengan mudah tanpa membuat tangan kotor atau bau.

  • Shampo, Baby oil dan Kapas, Serta Vitamin

Shampo yang diberikan untuk kucing adalah shampo khusus kucing. Shampo ini diberikan pada saat kucing mandi dan biasanya pemandian kucing dilakukan seminggu sekali. Baby oil dan kapas diperuntukan untuk membersihkan kotoran pada telinga kucing. Vitamin juga perlu diberikan agar kulit dan bulu kucing tetap sehat.

Cara Perawatan
Pastikan anda selalu menjaga kebersihan kandang dan bak pasir, Selalu mengecek suhu dan kelembapan ruangan tempat kandang diletakkan, Perhatikan pula pemberian pakan dan minum untuk kucing, Jaga pula kebersihan telinga, gigi, mata dan kuku (pemotongan kuku kucing dilakukan secara rutin), Jangan lupa pula lakukan vaksinasi secara rutin (beri obat cacing atau kontrol ke dokter hewan), Mandikan kucing secara rutin setidaknya seminggu sekali, setelah dimandikan bulu dikeringkan lalu disisir, Berikan tempat tidur atau alas tidur yang nyaman untuk kucing. Hal yang penting berikan kucing mainan dan perhatian agar kucing semakin jinak dan dekat dengan anda.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula Yang Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa