Bekicot

Cara Mudah Budidaya Bekicot Agar Hasil Maksimal

Posted on

Cara Mudah Ternak Bekicot atau Budidaya Bekicot Agar Hasil Maksimal Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Bekicot ini berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan. Karena kandungannya, bekicot banyak dimanfaatkan untuk masakan seperti sate. Banyak orang yang menyukai makanan yang berbahan dasar bekicot ini, nah untuk itu banyak orang yang melakukan budidaya bekicot ini. Berikut adalah cara budidaya bekicot:

Cara Budidaya Bekicot

Persiapan kandang Budidaya Bekicot

Hal pertama yang harus anda siapkan untuk melakukan budidaya bekicot yaitu membuat kandang di atas tanah kering, lembab, teduh yang memiliki suhu udara sekitar 25°C-30°C. Terdapat beberapa jenis kandang untuk budidaya bekicot ini, diantaranya :

  • Kandang berupa kotak kayu, kandan ini dibuat dari lembaran triplek yang diberi kaki dengan ukuran panjang sekitar 1 meter, lebar sekitar 1 meter dan tinggi sekitar 1,25 meter. Bagian atas kotak diberi kawat kasa agar bekicot tidak kabur.
  • Kandang semen, untuk ukurannya tidak jauh beda dengan kandang kayu, hanya saja pada bagian dasar kandang di beri tanah mengandung cacing untuk menjaga kelembaban kandang dengan ketebalan sekitar 30 cm.
  • Kandang berupa galian tanah dibuat dengan ukuran sekitar 1 meter x 1 meter x 1 meter. Pembuatan kandang berupa galian tanah ini dibuat di tanah yang agak kering dan berada di bawah pohon yang rimbun.

Pembibitan Bekicot

Ada dua jenis bekicot yang dapat di ternak yaitu spesies Achatina variegata dan Achatina fulica. Kedua bekicot tersebut memiliki ciri cangkang yang bermotif garis-garis dan berwarna. Bekicot Achatina variegata mempunyai warna garis tebal dan bekicot Achatina fulica mempunyai garis yang tidak terlalu tajam atau mencolok. Pada umumnya, kedua jenis bekicot ini sering ditemui di semak atau kebun-kebun.

Pemilihan Indukan Bekicot

Apabila bibit bekicot unggul masih belum ditemukan di sekitar rumah anda, anda dapat mengumpulkan banyak bekicot dari kebun atau semak saat musim hujan dan dijadikan sebagai indukan. Namun anda harus memilih secara selektif, karena indukan yang baik yaitu indukan yang sehat, tidak cacat dan memiliki bobot sekitar 90 gram.

Reproduksi dan Perkawinan Bekicot

Untuk mengawinan, maka bekicot jantan dan betina di letakkan pada satu kandang. Bekicot akan melakukan proses perkawinan jika telah berumur sekitar 6-8 bulan pada tempat pemeliharaan. Setelah kawin, induk betina akan berpindah ke tempat yang aman, mereka akan bertelur disembarangan tempat dan akan menetaskan sebanyak 50-100 butir telur. Telur bekicot tersebut berukuran sangat kecil yaitu sekitar 2 mm, dan induk bekicot tidak akan menunggu telurnya hingga menetas. Jika sudah cukup umur, telur bekicot akan menetas secara sendirinya.

Pemeliharaan Bekicot

Pakan yang diberikan pada bekicot yang anda budidaya dapat berupa daun bayam, buah pepaya, daun pepaya, buah mentimun hingga buah terong. Pemberian pakan tersebut harus teratur agar bekicot tumbuh dengan baik. Selain pakan lakukan pembersihan kandang bekicot secara teratur agar bekicot terhindar dari hama ataupun penyakit serta selalu menjaga kandang selalu teduh dan jauh dari pemangsa.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Bekicot Agar Hasil Maksimal“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya,. Sampai jumpa