Budidaya Cempedak

Cara Mudah Budidaya Cempedak Unggul Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Budidaya Cempedak Unggul Bagi PemulaCempedak adalah buah dari famili Moraceae. Bentuk buah cempedak hampir sama dengan nangka, sedangkan rasa dan aromanya menusuk kuat mirip dengan buah durian. Buah cempedak ini memiliki harga jual yang cukup tinggi dan juga buah musiman ini jarang di temui di pasar modern karena buah ini belum termasuk buah yang memiliki tingkatan lebih di bandingkan kelas buah lainya.

Karena itu, cempedak ini banyak dibudidayakan oleh orang sebagai peluang usaha mereka. berikut ini Cara Budidaya Cempedak Bagi Pemula.

Cara Budidaya Cempedak

Syarat Tumbuh

Pohon cempedak cocok tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 0-1300 meter diatas laut yang memiliki curah hujan rata-rata 1500-2500 mm/tahun dan musim kemarau tidak terlalu lama, rata-rata suhu udara minimum 16°C-21°C dan suhu udara maksimum 31-31,5°C.

Pohon cempedak ditanam di berbagai jenis tanah, namun lebih menukai jenis tanah aluvial, tanah liat berpasir/liat berlempung yang dalam dan memiliki irigasi yang baik. Umumnya, tanah yang disukai adalah tanah yang gembur dan sedikit pasir dengan pH sekitar 6-7.

Pemilihan Benih Cempedak

Bibit yang baik adalah bibit yang diperoleh biji yang berasal dari buah matang di pohon. Biji dipilih yang memiliki lebih bulat dan besar. Jika bijisudah didaoatkan, tanam biji bibit dalam polybag. Lakukan penyiraman secara teratur. Perawatan dalam polibag ini membutuhkan waktru sekitar setengah tahun hingga tanaman siap tanam.

Penanaman Cempedak

Lahan yang digunakan untuk budidaya cempedak diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma yang ada di lahan lalu gemburkan tanah lahan dengan menggunakan cangkul. Jika sudah, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 10×10 meter atau 12×12 meter. Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman.

Pemeliharaan Tanaman Cempedak

Jika tunas sudah muncul pada batang atau cabang tanaman berarti tanaman akan segera berbuah. Untuk itu, lakukan penyiangan pada daun kering di sekeliling batang (3-4 meter atau lebih dari atang). Hal ini dilakukan agar akar tanaman mendapatkan oksigen dan tanah disekitar akar lembab tidak basah.

Jika buah sudah mulai membesar, buah tersebut harus segera dibungkus untuk mencegah buah terserang hama seperti lalat buah, tupai dan lainnya. Pembukus buah cempedak tersebut dapat berupa kantong plastik hitam atau yang lainnya.

Panen Cempedak

Dalam 1 tangkai buah biasanya terdapat 3-10 buah. Untuk mengetahui apakah buah cempedak siap panen, anda dapat menggunakan peniti atau jarum kemudian tusukan ke tangkai buah bagian atas atau tusukan pada buah, jika dirasa biji sudah keras berarti buah tersebut cukup tua dandapat di petik.

Demikian artikel tentang”Cara Mudah Budidaya Cempedak Unggul Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa