Cara Mudah Budidaya Ikan Sepat Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Ikan Sepat Bagi Pemula

Sepat ialah nama dari ikan air tawar yang masuk dalam marga Trichogaster dan termasuk anggota suku gurami (Osphronemidae). Di Indonesia jenis ikan ini dikenal sebagai ikan konsumsi namun ada juga jenis ikan sepat yang dijadikan sebagai ikan hias. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan sepat diantaranya: Ikan Sepat rawa (Trichogaster trichopterus), Ikan Sepat siam (Trichogaster pectoralis), dan Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri). Ikan sepat ini banyak ditemukan di rawa-rawa, sawah, saluran irigasi, aliran air yang tenang, sungai, danau dan lain sebagainya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Anabantoidei
Famili: Osphronemidae
Genus: Trichogaster

Ikan sepat memiliki tubuh yang pipih jorong dengan moncong runcing dan mulut kecil. Sisik ikan ini kecil-kecil, tersusun miring dengan berbagai ukuran. Letak sirip punggungnya agak jauh kebelakang dan berakhir agak jauh dari sirip ekor. Sirip duburnya memanjang mulai dari bawah dada hingga pangkal ekor.

Ikan sepat ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi apalagi ikan ini merupakan sumber protein. Ikan ini bisa dijual dalam keadaan segar maupun sudah diawetkan menjadi ikan asin, bekasam dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kini banyak orang yang mencoba melakukan budidaya ikan sepat ini untuk dijadikan usaha mereka. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan sepat, berikut adalah cara selengkapnya:

a. Pemilihan Indukan Ikan sepat
Sebelum anda melakukan budidaya iakn ini anda pastinya harus mengetahui atau dapat membedakan antara indukan ikan sepat jantan dan ikan sepat betina. Berikut adalah perbedaan antara sepat betina dan sepat jantan

Sepat betina : Memiliki sirip yang membulat dan lebih pendek.
Sepat jantan : memiliki sirip punggung yang lebih panjang dan meruncing serta memiliki hiasan warna merah pada leher dan perut. Selain itu, apabila diperhatikan ikan sepat jantan memiliki bentuk dan postur tubuh yang sangat mirip dengan gurami.

b. Cara Pembenihan Ikan Sepat
Ikan sepat tergolong ikan yang mudah didapatkan, sehingga jika anda ingin melakukan budidaya tidaklah terlalu sulit. Pertama , siapkan dahulu kolam yang akan digunakan untuk budidaya, kolam tersebut dibuat sesuai dengan habitat asli ikan yaitu kolam dibuat tenang tanpa aliran air agar ikan sepat akan mudah bertelur.

Jika sudah siap, campurkan indukan ikan sepat betina dan ikan sepat jantan dengan perbandingan 1 : 1. Ikan sepat betina yang digunakan yaitu betina yang sudah matang telur. Biasanya saebelum melakukan pemijahan ikan sepat jantan akan membuat sarang busa yang nantinya akan digunakan untuk tempat merekatkan telur yang dikeluarkan betina.

c. Penetasan Telur
Jika sudah bertelur pisahkan indukan jantan dan betina. Setelah itu, diatas permukaan kolam sebaiknya diberi jerami untuk melindungi telur yang ada disarang busa dari matahari ataupun air hujan. Hal ini dilakuklan karena biasanya telur akan mengambang tepat dibawah sarang busa.
Telur-telur tersebut akan menetas setelah 24 jam, Beberapa hari kemudian burayak atau anakan ikan akan mulai aktif berenang. Saat itulah pisahkan indukan jantan agar larva ikan tidak dimakan oleh indukan jantan.

Larva atau burayak yang baru menetas tersebut belum membutuhkan pakan dari luar hingga burayak tersebut berumur 7 hari setelah menetas kerena ikan para burayak akan memakan kuning telurnya. Pakan atau makanan ikan sepat yang baik yaitu plankton, udang renik, cacing tubifex dan setelah minggu-minggu berikutnya dapat diberikan pakan kering yang dihaluskan.

d. Perawatan Larva Ikan Sepat
Ikan sepat dapat dirawat dalam kolam pembesaran setelah ikan telah berumur 2 bulan. Pada usia ini, ikan sepat lebih mampu melindungi diri dari predator. Untuk hasil yang lebih maksimal, beri larva pakan berupa tepung daun, dedak, daun singkong, kangkung dan lain sebagainya.

e. Pemanenan Ikan Sepat
Ikan sepat dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 3-4 bulan tergantung jenis ikan sepat yang dibudidayakan. Pemanenan ini dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Cara pemanena ikan ini dapat dilakukan dengan cara menguras air kilam terlebih dahulu atau dengan cara menjaring ikan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Ikan Sepat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa