Tanaman Hias Kantong Semar

Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar Bagi Pemula Kantung semar adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari genus Nepenthes dan masuk dalam familia monopotik, tanaman ini terdiri dari sekitar 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan.

Kantong semar dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 15–20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong yang digunakan sebagai alat perangkap untuk memakan mangsa (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalamnya. Pada umumnya Nepenthes memiliki tiga kantong, yaitu kantos atas, kantong bawah dan kantong roset.

Tanaman kantong semar memiliki beberapa manfaat diantaranya Cairan atau nektar yang ada pada bibir kantong dapat digunakan untuk obat luka bakar dan radang mata, Daun kantong semar dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kulit dan penanahan darah, agarnya dapat digunakan untuk obat disentri, dan batangnya dapat digunakan untuk obat batuk dan demam.

Karena manfaat, bentuk yang unik dan ada jenis tanaman yang tidak memanjat, tanaman kantong semar ini digunakan sebagai tanaman hias. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam kantong semar atau budidaya kantong semar untuk tanaman hias dirumah. Berikut ini adalah cara selengkapnya.

Cara Budidaya Kantong Semar

Pemilihan Bibit Kantong Semar

Ada banyak jenis kantong semar di dunia, manun jika ingin menanam atau budidaya tanamn hias ini maka disarankan untuk memilih bibit kantong semar jenis gracillis atau reinwardtiana atau ampullaria. Untuk mengetahui jenis-jenis kantong semar atau Nepenthes, anda dapat membaca selengkapnya di artikel terkait.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan sebelum menanam kantong semar yaitu campuran tanah dengan sekam bakar yang lembab dan tidak begitu padat. Media tanam yang digunakan usahakan tidak terlalu kering ataupun terlalu banyak air. Selain media tanam campuran tanah dengan sekam bakar, anda dapat menggunakan media tanam berupa cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1.

Persiapan Bibit dan Penanaman Kantong Semar

Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menanam kantong semar yaitu dengan biji dan dengan stek batang.

Dengan Biji

  • Pertama isi pot dengan media tanam yang atasnya telah dibasahi dengan sedikit air.
  • Selanjutnya taburkan biji benih kantong semar dan tekan kedalam tanah secara perlahan.
  • Kemudian, tutup pot dengan menggunakan plastik tembus cahaya dan beri lubang kecil menggunakan jarum.
  • Setelah 1-3 minggu setelah ditanam, biji benih mulai bertunas. Apabila kantong semar telah tumbuh dengan ketinggian sekitar 3-5 cm barulah pindah ke pot baru.
  • Potonglah ujung pucuk tanaman kantong semar agar kantung cepat muncul.

Dengan Stek Batang

  • Pertama pilihlah tanaman kantong semar yang telah berumur sekitar 1 tahun dan telah memiliki ketinggian sekitar 1 m untuk dijadikan bibit.
  • Selanjutnya, potong batang dengan panjang sekitar 15 cm dan sisakan 3 hingga 4 ruas daun.
  • Potonglah setengah helai daun untuk mengurangi penguapan dan potong hingga pankal daun agar stek mudah masuk.
  • Tanamlah batang stek dengan menggunakan polibag berukuran normal yang dindingnya telah dilubangi. Sebelum bibit stek ditanam, bibit stek diolesi hormon perangsang pertumbuhan akar dan pencegah jamur pada bagian bawah batang stek.

Perawatan Tanaman Kantong Semar

Setelah penanaman, hindarkan tanaman dari sinar matahari yang berlebihan. Lakukan penyiraman secukupnya saja, jangan biarkan media tanam terlalu kering dan jangan terlalu basah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa