Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Cara Mudah Membedakan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Posted on

Cara Mudah Membedakan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang AduanIkan Cupan (Betta) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Ikan cupang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya dan memiliki bentuk serta karakter yang unik. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Jenis ikan cupang yang banyak diperjual belikan diantaranya Betta mahachai, Betta smaragdina, Betta imbellis, Betta splendens, dan Betta stiktos.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat dalam bertahan hidup apabila ikan ini ditempatkan pada wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya aerator (alat sirkulasi udara), ikan cupang masih dapat bertahan hidup.

Banyak orang yang memeliharanya untuk dijadikan ikan hias di akuarium mereka, banyak juga yang memelihara ikan cupang aduan. Apakah kalian bisa membedakan mana yang ikan cupang hias dan mana yang ikan cupang aduan? mungkin bagi pecinta ikan ini sangatlah mudah untuk membedakannya karena sudah terbiasa, namun bagi orang awam membedakan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membedakan ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Unytuk membedakannya kita harus mengetahui ciri fisiknya. Berikut selengkapnya:

Perbedaan  Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Untuk dapat membedakan ikan cupang hias dan ikan cupang aduan, kita harus memperhatikan karakteristik atau ciri-ciri dari masing masing ikan tersebut.

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias

Seperti namanya, ikan cupang ini dinilai dari segi keindahannya yang biasanya ditentukan berdasarkan warna, bentuk, mental dan gerak ikan cupang. Ciri-ciri ikan cupang secara umum, yaitu:

  • Memiliki bentuk sirip dan ekor menjumbai panjang. Struktur tulang sirip dan ekor menunjukan bentuk yang khas.
  • Memiliki warna tubuh yang terang, tidak kusam. Warna ikan ini sangat bervariasi.
  • Memiliki geraikan yang tenang, kibasan siripnya menunjukan keanggunan.
  • Jika melihat musuh atau sedang kawin, sirip dan ekor ikan akan mengembang sempurna memperlihatkan bentuk yang khas.

Jenis ikan cupang hias, kebanyakan dari spesies Betta splendens. Jenis ikan cupang hias yang sering dilombakan diantaranya serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail) dan giant.

Ciri Ciri Ikan Cupang Adu

Adapun ciri-ciri umum ikan cupang adu diantaranya:

  • Memiliki bentuk tubuh yang terlihat kokoh. Ikan cupang adu lebar dan tinggi mulai dari leher dengan besar dan ketebalan yang sama, hanya pada ujung ekornya yang mengecil.
  • Memiliki gerakan yang agresif. Tidak lamban dan anggun seperti ikan cupang hias.
  • Saat melihat musuh, sirip mengembang penuh yang menandakan bererti ikan ini memiliki metal yang bagus untuk bertarung.
  • Memiliki bibir yang tampak tebal. Mulut terkatup rapat dan tidak menganga, Jika dilihat dari atas, bibir bagian bawah ada bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing.

Ikan cupang adu biasanya berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai dan variasi silangannya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Membedakan Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa