Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula – Bunga Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan atau perenial, bunga ini berbunga di musim panas hingga musim gugur. Bunga Dahlia berasal dari Meksiko, sehingga Bunga Dahlia merupakan bunga nasional negara Meksiko. Terdapat berbagai jenis bunga dahlia diantaranya Hanakerusai Dahlia, Bunga Dahlia Kuning, Hibotan Dahlia, Yukitemari Dahlia, dan masih banyak yang lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Dahlia
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Dahlia

Karena bunganya yang indah, banyak orang yang mencoba menanam bunga dahlia di pekarangan rumah mereka atau diteras rumah mereka untuk memperindah tampilan rumah. Berikut Cara Menanam Bunga Dahlia:

Cara Menanam Bunga Dahlia

Syarat Tumbuh Bunga Dahlia

Bunga dahlia yang berkembang di Indonesia tidak hanya bertujuan sebagai penghias pekarangan atau kebun rumah, namun banyak pula orang yang berusaha membudidayakannya untuk tujuan komersil.

Tanaman bunga dahlia ini sangat memerlukan tempat terbuka karena membutuhkan banyak sinar matahari tanpa ada kendala tertentu.

Tumbuhan dahlia dapat tumbuh di tanah lempung berpasir yang memiliki kandungan humus dan memiliki tata udara yang sangat baik dan lahan yang gembur dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 6,0-8,0. Tanaman dahlia hanya dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah daratan tinggi dengan ketinggian sekitar 700-1.000 meter dpl.

Cara Penyemaian Bibit

Terdapat beberapa teknik cara penyemaian bibit bunga dahlia ini, cara perbanyakan bibit dapat dapat dilakukan dengan menggunakan biji benih (Umbi bunga dahlia). Umumnya benih diambil dari tanaman dahlia yang sehat dan sudah berusia sekitar 5 bulan, Selanjutnya biji benih tersebut langsung disemai di bedeng semai.

Bedengan semai dibuat dengan panjang sekitar 1 meter atau disesuaikan dengan panjang lahan. Bedengan tersebut dibuat dari hasil percampuran pupuk kandang dengan humus dan tanah yang subur dengan perbandingan 1:1:1.

Bedengan dibuat setinggi 5 cm. Setelah bedengan jadi, sebarkan bibit tanaman bunga dahlia lalu tutup kembali permukaannya tipis saja dengan tanah.

Pada musim kemarau biasanya bedengan lebih sering ditutupi dengan menggunakan daun pisang yang sudah dicuci atau karung goni yang telah dibersihkan untuk menjaga kelemababnya.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Pertama, rendam terlebih dahulu umbi dahlia di dalam air yang bersih fungisida dan juga zat penumbuh tanaman, Perendaman tersebut tidak perlu terlalu lama agar umbi tidak kisut.

Setelah itu, siapkan pot dan juga media tanam, usahakan pot berukuran besar setidaknya berdiameter sekitar 30 cm. Media tanam yang digunakan yaitu dapat berupa campuran tanah, arang sekam dan juga kompos.

Jika sudah siap semua, segera lakukan penanaman. Tanaman bibit umbi dengan baik namun jangan sampai bagian tunasnya ikut terkubur, pastikan tunas harus berada di atas mendekat permukaan atas tanah. Kemudian , posisikan umbinya miring ataupun berbaring karena pada posisi tersebut umbi dahlia tumbuh.

Pada 3 hari pertama penanaman, Anda dapat menempatkan tanaman pada tempat yang teduh seteah itu dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Lakukan penyiraman seperlunya pada tanaman, lakukan penyiraman saat tanaman bunga dahlia perlu dilakukan penyiraman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa