Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Terompet Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Terompet Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula – Angel’s Trumpet atau Terompet Bidadari atau Kecubung Gunung adalah salah satu tanaman bunga yang memiliki bunga dengan bentuk yang indah. Seperti namanya, bentuk bunga teropet mirip dengan terompet. Bunga terompet tersebut memiliki beragam warna ada yang putih, kuning, pink, oranye dan lain sebagainya. Tanaman Bunga terompet dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 2-4 meter.Bunga Terompet biasa ditemukan di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700-2100 Mdpl.

Klasifikasi Bunga Terompet
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Mandevilla
Spesies: Mandevilla sanderi

Bunga terompet memiliki ujung yang terbuka lebar dan pangkal yang meruncing seperti terompet yang digantung. Tanaman bunga terompet ini dapat tumbuh besar, jadi cocok untuk dijadikan tanaman hias pekarangan rumah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Terompet

Persiapan Bibit Bunga Terompet

Pembibitan bunga terompet dapat dilakukan dengan cara stek batang. Caranya pilih batang tengah pohon indukan yang bagus, kemudian potong miring agar mudah ditancapkan atau ditanam. Setelah itu, kalian dapat langsung menanamnya di media tanam yang sudah disiapkan.

Cara Menanam Bunga Terompet

Setelah bibit bunga terompet sudah dipotong maka media tanam dapat disiapkan. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandinga 1:1 lalu masukkan media tanam tersebut di pot atau bisa diolah langsung di pekarangan. Tanam bibit pada kedalaman minimal 25-30 cm agar perakarannya kuat. Setelah itu, padatkan media tanam disekitar bibit agar bibit dalam posisi tegak lurus keatas.

Cara Merawat Bunga Terompet

Lakukan penyiraman secara intensif pada awal penanaman, setelah bibit dapat tumbuh dengan baik maka penyiraman dilakukan seperlunya saja. Lakukan pula pemupukan secara berkala setiap 2-2,5 bulan sekali, pemupukan tersebut baik dengan cara ditabur maupun disiramkan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Terompet Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa