Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Zephyranthes Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Zephyranthes Agar Cepat Berbunga – Zephyranthes merupakan genus dari sekitar 70 spesies tumbuhan bawang-bawangan. Tanaman bunga ini juga dikenal dengan bunga lili peri, bunga lili hujan, buynga hujan atau bunga zephyr. Tanaman bunga ini berasal dari bagian tropis Amerika Selatan dan Amerika Utara. Bunga Zephyranthes ini berbentuk terompet, biasanya memiliki 6 lembar daun bunga.Bunga Zephyranthes ini biasanya muncul setelah musim hujan datang atau hujan deras, nah hal tersebutlah yang membuat bunga tersebut dijuliki dengan nama bunga lili hujan. Bunga lili hujan ini memiliki beragam warna diantaranya merah jambu, kuning dan putih, namun masih banyak warna lainnya. Beberapa jenis bunga ini memiliki bau harum yang manis dan lembut. Daun tanaman bunga ini memiliki bentuk panjang seperti pita dengan warna hijau tua mengkilap.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Zephranthes

Tanaman bunga ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah tropis baik di daerah berhumus tinggi maupun daerah berhumus sedang. Banyak orang yang menanam bunga ini untuk ditanam di pekarangan atau pot tanam sebagai tanaman hias.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Zephyranthes

Persiapan Bibit Bunga Zephyranthes

Pembibitan bunga Zephyranthes dapat dilakukan melalui perbanyakan umbi. Caranya yaitu dengan memisahkan umbi dari rumpun indukan yang akan dijadikan sebagai bibit. Ambil hati-hati jangan sampai merusak umbi anakan yang akan ditanam. Setelah itu, bibit umbi dapat ditanam langsung pada lahan/media tanam atau disimpan terlebih dahulu di tempat yang lembab.

Cara Menanam Bunga Zephyranthes

Jika bibit sudah siap, segera lakukan penanaman. Siapkan media tanam terlebih dahulu, media tanam tersebut dapat berupa campuran tanah yang gembur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, tanam umbi bibit danb pastikan umbi bibit tersebut tertimbun dengan baik. Agar cepat tumbuh, pada masa tumbuh awal lakukan penyiraman secara rutin.

Cara Merawat Bunga Zephyranthes

Perawatan yang petlu dilakukan pada tanaman bunga Zephyranthes yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan apabila diperlukan saja atau saat tanaman terlihat layu, penyiramannya pun dilakukan secukupnya saja. Lakukan pula pemupukan secara berkala, setidaknya dilakukan setiap 2 bulan sekali. Pemberian pupuk tersebut bisa dengan cara disebar ataupun disiram.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Zephyranthes Agar Cepat Berbunga”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa