Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Di Pekarang Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Dari Bibit Stek Di Pekarang Rumah Bagi Pemula – Cemara udang atau Australian pine (Casuarina equisetifolia) merupakan salah satu jenis tanaman hias landscape yang banyak digemari oleh pecinta tanaman hias dan biasanya dijadikan sebagai tanaman penghias taman dan kebun. Cemara udang merupakan jenis cemara yang memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum dan memiliki batang yang besar dan keras.

Cemara udang memiliki keunikan yang menjadikan tanaman ini menjadi populer. Cemara udang ini juga sangat mudah di buat menjadi bonsai.

Cemara udang atau cemara laut daam bahasa inggris dikenal dengan nama Beach She-Oak dan Ironwood, namun pohon ini juga dikenal dengan nama Horsetail She-Oak. Tanaman cemara udang merupakan tanaman asli Aisa Tenggara dan Australia Utara, namun kini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia yang beriklim tropis dan sub tropis.

Pohon cemara udang memiliki daun yang kecil, silindris, dan bersisik, biasanya berwarna hijau muda hingga keabu-abuan. Batang pohon cemara udang tertutupi oleh kulit kayu yang keras dan bertekstur kasar dengan warna batang cokelat kemerahan hingga abu-abu. Akar pohon ini sangat rapat berfungsi untuk mencengkeram substrat yang tidak stabil.

Klasifikasi Ilmiah Cemara Udang
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub-kelas: Hamamelididae
Ordo: Casuarinales
Famili: Casuarinaceae
Genus: Casuarina
Spesies: C. equisetifolia

Karena mudah dijadikan bonsai, banyak orang yang membudidayakan cemara udang ini. Berikut cara budidaya atau menanam cemara udang:

Cara Budidaya Cemara Udang

Persiapan Bibit Pohon Cemara Udang

Bibit pohon cemara udang dapat di peroleh dengan cara cangkok. Pilih batang pohon Cemara Udang yang tidak terlalu tua yaitu sekitar umur 3-5 tahun, kuat, subur dan tidak berpenyakit. Lebih baik lagi jika memiliki banyak buah. Pencangkokan ini baik dilakukan pada saat musim penghujan.

Lakukan proses cangkok dengan cara kelupas kulit cabang atau batang hingga kambiumnya terlihat. Panjang cabang atau batang yang dikuliti yaitu sekitar 8-10 cm. Buang kambium batang atau bagian yang hijau berlendir. Jika sudah, selanjutnya bungkus bagian yang dikuliti tadi dengan plastik bening berisi cocopeat yang telah diberi zat pemicu perakaran.

Cara Menanam Cemara Udang

Biasanya dalam waktu 6 bulan pencangkokan cemara udang sudah berhasil ditandai dengan munculnya akar-akar serabut yang terlihat dalam plastik bening cangkok dan siap dipisahkan dari tanaman induk.

Jika sudah dipisahkan dengan tanaman induk, tanam bibit cangkok cemara udang yang dalam media tanam berupa campuran dari tanah merah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.

Cara Merawat Cemara Udang

Perawatan cemara udang dapat dilakukan dengan memberikan pupuk rutin cukup 1 bulan sekali menggunakan pupuk kompos atau pupuk NPK dengan dosis 3 sdt/pohon, lakukan pula pemotongan pada dahan kering serta pembentukan daun selama 3 bulan sekali, serta lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore.

Tanaman cemara ini harus kena sinar matahari langsung, karena jika tidak maka daunnya akan memerah dan kering. Untuk memaksimalkan pertumbuhan, lakukan pemangkasan minimal sebulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Di Pekarang Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa