cara stek bunga kertas

Cara Mudah Sambung Pucuk Atau Stek Bunga Kertas (Bunga Bougenville) Untuk Pemula

Posted on

Cara Mudah Sambung Pucuk Atau Stek Bunga Kertas (Bunga Bougenville) Untuk Pemula – Bunga Kertas atau Bunga Bougenville atau Bugenvil (Bougainvillea) adalah salah satu tanaman bunga hias yang termasuk dalam famili Nyctaginaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman bunga ini memiliki bentuk pohon yang kecil dan susah untuk tumbuh tegak. Spatha atau selundang bunga pada tanaman bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan memiliki ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning,dan lain-lain. Batang bunga ini memiliki duri yang tajam dan bercabang.

Banyak orang kini menanam bunga bougenville ini untuk tanaman hias, nah kali ini kita akan membahas tentang cara stek Bunga Kertas atau Bunga Bougenville / sambung pucuk atau okulasi Bunga Kertas atau Bunga Bougenville untuk mendapatkan tanaman bunga berbagai warna dalam satu pohon.

Cara Sambung Pucuk atau Okulasi Bunga Kertas atau Bunga Bougenville

1. Pertama, pilih cabang yang masih muda yang masih berwarna kehijauan pada tanaman bunga kertas yang hendak di stek.

2. Siapkan beberapa alat untuk digunakan untuk stek seperti pisau atau yang lainnya untuk memotong , plastik untuk membungkus hasil sambungan nanti dan tali untuk mengikat.

3. Selanjutnya, pilih pucuk bougenville jenis lain. Pilihlah cbang yang masih muda dan memiliki diameter yang hampir sama dengan cabang bawah tanaman yang akan distek.

4. Jika sudah siap semuanya, selanjutnya proses penyambungan. Potonglah cabang batang dengan menggunakan pisau atau uang lainnya, kemudian belah potongan di tengah diameter batang.

5. Siapkan sambungan atas, lalu potong dan pangkas daun dengan menggunakan pisau atau yang lainnya, sisakan bebapa helai saja. Bagian pangkal batang tipiskan dan kedua permukaan batang iris dengan pisau atau yang lainnya. Pengirisan sebisa mungkin 1 kali jalan, agar permukaannya rata sehingga saat diselipkan pada batang bawah permukaannya dapat menempel dengan baik.

6. Jika sudah, selanjutnya selipkan batang atas ke batang bawah.


7. Selanjutnya ikat dengan menggunakan tali yang sudah disiapkan jangan terlalu kencang hanya saja pastikan kedua batang menyatu dengan baik.

8. Untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban, bungkus sambungan dengan menggunakan plastik yang sudah disiapkan.

9. Terakhir, pot tanaman bunga bougenville sambungan tersebut diletakkan pada tempat yang teduh.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Sambung Pucuk Atau Stek Bunga Kertas (Bunga Bougenville) Untuk Pemula”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa