Pembenihan Ikan Gurame

Panduan Cara Pembenihan Budidaya Ikan Gurame Secara Lengkap

Posted on

Panduan Cara Pembenihan/Pemijahan Budidaya Ikan Gurame Secara Lengkap Gurami atau Gurame (Osphronemus goramy) adalah Salah satu jenis ikan air tawar yang disukai dan populer sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Gurame memiliki tubuh yang pipih dan lebar, Serta memuliki moncong yang runcing pada saat masih muda.

Oleh karena itu banyak orang yang melakukan budidaya ikan gurame ini, namun sebelum melakukan budidaya ikan gurame ini pastilah dibutuhkan benih bibit ikan gurame ini melalui pemijahan atau pembenihan. pembenihan ikan gurame terbilang cukup sulit, namun ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibanding dengan ikan jenis lain. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara pemijahan ikan gurame.

Cara Pemijahan Ikan Gurami

Pemilihan Indukan Ikan Gurame

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum melakukan pemijahan ikan gurame adalah memilih indukan karena indukan sangatlah mempengaruhi kualitas dan juga kuantitas dari hasil pembenihan. Berikut ini adalah syarat indukan jantan dan indukan betina gurame yang baik untuk indukan.

Betina:
Memiliki warna yang terang
Memiliki perut gembung atau bulat
Badannya relatif panjang
Telah berumur sekitarr 3-4 bulan atau lebih.

Jantan:
Memiliki gerakan yang lincah
Perut dekat dengan anus
Memiliki warna gelap dan pucat.

Persiapan Kolam Budidaya

Lakukan pengolahan pada media kolam, karena hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan gurame. Kolam yang digunakan dapat berupa kolam terpal, tembok atau yang lainnya. Pengolahan kolam tersebut antara lain pengeringan kolam, pembuatan sarang atau tempat telur ikan gurame, pembersihan kolam dan juga pengapuran serta pengisian air bersih dalam kolam.

Kolam dibuat dengan ukuran luas sekitar 200 hingga 300 meter persegi dengan kedalaman kolam sekitar 1 hingga 2 meter. Selain hal tersebut, buatlah saringan kasa dari plastik serta pintu pengeluaran air dari monik.

Proses Pemijahan Ikan Gurame

Setelah semuanya siap, selanjutnya masukkan indukan dalam kolam yang telah disiapkan dengan perbandingan 1 jantan dan 3 betina. Biarkan selama sekitar 15 hari hingga 20 hari. Dalam proses ini lakukan pemeliharaan pula dengan cara melakukan pengontrolan atau pengawasan air hama dan juga yang lainnya. Ciri indukan yang telah bertelur yaitu sarang ikan sudah tertutup penuh oleh ijuk dan ditunggu oleh indukan betina.

Penetasan Dan Pemeliharaan Benih Ikan Gurame

Sebelum memelihara benih, pindahkan benih yang sudah ke wadah seperti bak atau yang lainnya terlebih dahulu dengan menggunakan jaring kecil atau dengan baskom langsung. Tempatkan benih pada suhu sekitar 27-28 derajat celcius.

Benih-benih ikan tersebut diberi pakan berupa kuning telur yang dihancurkan secukupnya. Selain beri pakan, jaga pula kualitas air.

Setelah berumur 10-15 hari, pindahkan benih-benih ikan tersebut ke kolam pendederan atau yang lainnya, tujuannya yaitu agar mempercepat pertumbuhan ikan gurame. Kolam pendederan yang digunakan harus bersih dan bebas dari hama dan penyakit.

Pemanenan Benih Ikan Gurame

Benih ikan gurame sudah dapat mulai dipanen untuk dijual atau dipindahkan ke kolam pembesaran setelah berumur sekitar 2 hingga 3 minggu setelah pendederan dilakukan. Pemanenan ini biasanya dilakukan pada pagi hari dengan menggunaakan jaring halus atau dengan cara mengeluarkan air sedikit demi sedikit.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Pembenihan Budidaya Ikan Gurame Secara Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa