Cara Pembenihan dan Budidaya Ikan Severum Lengkap

Posted on

Panduan Cara Pembenihan dan Budidaya Ikan Severum Lengkap– Ikan Severum (Cichlasoma Severum) adalah salah satu jenis ikan cichild yang biasanya dijadikan ikan hias. Ikan ini berasal dari Guyana, Rio Negro, Sungai Amazon. Ikan hias yang lebih dikenal dengan Ikan Banded Cichlid ini memiliki sifat sedikit karnivora mengerah ke omnivora. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar, ikan ini dapat mencapai ukuran sekitar 15 cm. Ikan ini memiliki warna tubuh kuning kehijauan yang sangat cerah. Ikan severum muda sangat cantik mirip diskus karena bentuk badan dan siripnya yang agak membulat. Sirip punggung dan perut betina lebih panjang dibandingkan dengan ikan jantan.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Severum
Ordo : Percomorphoidei
Sub Ordo : Percoidea
Famili : Cichlidae
Genus : Cichlisoma
Spesies : Cichlisoma Saverum

Sudah banyak orang yang melakukan budidaya ikan ini, jika anda ingin melakukan budidaya ikan ini anda perlu mengetahui bahwa ikan ini tidak dapat dicampur dengan ikan hias lain karena ikan ini memiliki sifat agresif dan teritorial.Untuk pemijahan ikan ini hampir sama dengan ikan oscar.

Cara Budidaya Ikan Severum

a. Pemilihan Induk Ikan Severum
Induk yang baik untuk dipijahkan adalah induk yang berumur sekitar 10 bulan hingga 12 bulan dan memiliki ukuran sekitar 12 cm – 15 cm. Untuk membedakan ikan jantan dan ikan betina severum dapat dilihat dari segi fisiknya, Ikan Severum Jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan memiliki warna yang lebih cerah dengan bintik yang lebih jelas sedangkan ikan betina memiliki ukuran yang lebih kecil bulat dengan warna yang lebih pucat dan bintik yang kurang jelas.

Ikan betina yang telah matang gonad, selama masa birahi warnanya akan lebih cerah sedangkan ikan jantan akan lebih gelap dan garis pada tubuhnya akan lebih terlihat.

b. Pemilihan Tempat Budidaya dan Pemijahan Ikan Severum
Tempat budidaya dan pemijahan ikan severum dapat dilakukan di bak semen ataupun akuarium berukuran sekitar 70 cm x 30 cm x 30 cm. Setelah itu, isi bak atau akuarium tersebut dengan air yang sudah diendapkan selama 12-24 jam dengan ketinggian sekitar 30-40 cm.

Karena ikan severum merupakan ikan yang suka meletakkan telur pada benda yang terletak vertikal dalam air, maka dalam bak atau akuarium tersebut perlu dipasang potongan pipa air. Untuk menghindari telur yang dihasilkan terserang jamur maka dapat di berikan methylen blue 5% sebanyak 5-7 tetes dalam akuarium yang sudah ada telurnya. Perbandingan ikan jantan dan betina yang akan dipijahkan dalam satu bak atau akuarium yaitu 1 : 1.

c. Pemijahan Ikan Severum
Ikan severum yang terpilih menjadi indukan atau matang gonad dimasukkan ke dalam bak atau akuarium pemijahan yang telah disiapkan. Setelah memijah, ikan jantang dipindahkan ketempatlain sedangkan betina dibiarkan untuk merawat anak-anaknya. 4 hari sebelum penetasan indukan diberi pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu berupa kutu air, cacing sutera, atau yang lainnya. Selam proses penetasan dalam bak atau akuarium diberi aerator, telur akan menetas setelah 2-3 hari setelah pemijanah dan larva akan mulai bergerak. Selanjutnya pisahkan larva dari indukannya.

d. Pemeliharaan Larva atau Burayak Ikan Severum
Setelah berumur satu minggu burayak diberi ppakan berupa atemia atau rotifera, setelah berumur 2 minggu diberi pakan kutu air saring dan minggu berikutnya beri pakan berupa cacing sutera. Apabila burrayak telah mencapai ukuran 3-4 cm bisa diberi pakan berupa udang kecil agar warna merah pada tubuh ikan cepat tampak. Ikan ini sudah dapat dijual setelah berukuran sekitar 4 cm dengan lama pemeliharaan selama 3 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentan”Cara Pembenihan dan Budidaya Ikan Severum Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa