123 Cara Praktis Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

Posted on

Cara Praktis Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen

Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Ikan Mas. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia yaitu sekitar tahun 1920an.

ikan-mas

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak disukai oleh orang karen atekstur dagingnya yang lembut serta lezat dan mudah dalam melakukan pengolahannya (dapat dijadikan berbagai macam olahan). Karena hal tersebut, Ikan mas bernilai ekonomis tinggi, sehingga memungkinkan jika banyak orang yang ingin membudidayakannya. Berikut adalah Cara Budidaya Ikan Mas:

  • Syarat Dan Kebiasaan Hidup Ikan Mas

Ikan mas menyukai habitat pada perairan air tawar yang tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras seperti danau atau pinggiran sungai jika dialam bebas. Ikan mas dapat hidup dengan baik pada daerah dengan ketinggian 150 mdpl hingga 600 mdpl da pada suhu 25°C hingga 30°C.

  • Kolam Budidaya Ikan Mas

Kolam budidaya ikan mas biasanya dibuat berdinding beton dengan dasar kolam tanah dengan ukuran 10x5x1,5 meter atu bisa disesuiakan dengan luas tanah yang dimiliki. Setelah kolam sudah dibuat selanjutnya untuk mematikan kuman dan hama dalam tanah lakukan pengeringan tanah di dasar kolam selama 3 sampai 7 hari hingga tanah kolam retak-retak. Jika pengeringan tidak dapat secara maksimal karena pengaruh cuaca, dapat dilakukan pengapuran dan pemupukan. Pengapuran dilakukan untuk menyeimbangkan pH tanah dan membunuh mikroorganisme pantogen yang ada dalam tanah dengan menggunakan dolomit. Apabila ukuran kolam 10x5x1,5 meter lebih kurang 3 sampai 4 kantong dolomit.
Pemupukan digunakan untuk menyediakan nutrisi bagi organisme yang nantinya akan menjadi pakan alami ikan. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik yang ditambah dengan urea dan TSP.

  • Pengisian Air Pada Kolam

Kolam diisi dengan air dengan kapasitas sekitar 40 cm hingga 60 cm, kapasitas tersebut adalah kondisi yang sangat ideal untuk populasi planton. Pada seminggu pertama budidaya kondisi air masih stabil, lalu lakukan penambahan dan pengurangan air sehingga pH tetap terjaga. Suhu air yang ideal untuk budidaya ikan adalah sekitar 50°C-310°C.

  • Penebaran Benih Ikan

Ikan yang akan dibudidaya tidak langsung ditebar langsung dalam kolam tetapi terlebih dahulu diletakkan dalam bak atau ember yang telah diisi air kolam sekitar 1 jam agar dapat menesuaikan dengan lingkungan. Selanjutnya baru benih ikan dapat ditebar dalam kolam budidaya. Penebaran benih dalam kolam sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

  • Pemberian Pakan

Pada hari pertama dan kedua setelah penebaran ikan masih memakan organisme alami yang ada dalam kolam, setelah hari ketiga barulah beri makan pelet yang mengandung 15% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada pagi hari, sore hari, malam hari.

  • Pengolahan air dalam kolam

Setiap 15 hari sekali air dalam kolam dilakukan pengurasan dan penambahan volume air sebanyak 50% agar air tetap stabil Dan Jangan lupa periksa pH air yang juga akan mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Demikian artikel pembahasan tentang”123 Cara Praktis Budidaya Ikan Mas Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa