Cara Sukses Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Dan Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) adalah salah satu tumbuhan buah yang berasal dari suku Rustaceae atau jeruk-jerukan. Pohon pada jeruk nipis dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 hingga 6 meter dengan cabang berduri dengan jumlah yang banyak, bentuk daunnya lonjong dengan tangkai bersayap kecil, bunganya kecil dan memiliki bau yang harum, serta buahnya memiliki bentuk bulat atau lonjong, pada bagian ujung agak meruncing, warna buahnya hijau kekuningan, kulit buahnya agak tebal dan sulit jika dibuka langsung, daging buahnya tebal dan tidak serabut, bentuk bijinya bulat oval serta memiliki rasa asam.
Jeruk nipis memiliki banyak kandungan serta manfaat bagi tubuh, untuk lebih jelasnya anda dapat membacanya di  Jeruk Nipis – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Serta Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Jika anda ingin menanam jeruk nipis tetapi anda tidak memiliki lahan, anda bisa menggunakan pot untuk menanamnya. Berikut adalah Cara Tabulapot Jeruk nipis:

a. Bibit Jeruk Nipis
Bibit Jeruk nipis yang akan ditanam didalam pot atau tabulapot sebaiknya bibit hasil okulasi, karena bibit okulasi akan lebih cepat tumbuh dan berbuah. Anda dapat mendapatkan bibit okulasi tersebut di toko tanaman.

b. Pot Tanam
Pot yang digunakan untuk menanam jeruk nipis disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Untuk bibit yang berukuran kecil siapkan pot dengan diameter 20cm-40cm dan untuk bibit berukuran besar siapkan pot dengan diameter sekitar 50cm-60cm.

c. Media Tanam
Media tanam yang digunakan untuk menanam jeruk nipis adalah campuran tanah dengan arang sekam dan humus bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau tanah dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

d. Penanaman Tanaman Jeruk Nipis
Jika bibit, pot dan media tanam telah siap maka selanjutnya lakukan penanaman. Pertama, masukkan pecahan genting atau batu bata pada dasar pot, susun lalu tutup dengan humus. Setelah itu masukan media tanam hingga setengah bagian pot. Untuk mengurangi penguapan pangkas cabang, daun dan ranting yang tidak perlu lalu keluarkan bibit dari polybag. Masukkan bibit dalam pot tepat dibagian tengah dengan posisi tegak kemudian timbun kembali dengan media tanam hingga 2 cm dari bibir pot. Siram hingga basah, lalu letakkan pot pada tempat yang terbuka.

e. Perawatan Tanaman

  1. Penyiraman
    Lakukan penyiraman 2—3 hari sekali. Penyiraman jangan sampai mengenai batang.
  2. Pemupukan
    Pemupukan dilakukan saat tanaman berumur di atas 5 bulan. Pemupukan dilakukan setiap 3—4 bulan sekali menggunakan pupuk Urea, KCl, dan TSP dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Taburkan 2 sdm campuran pupuk di sekeliling pot sedalam 10 cm.
    Jika tanaman sudah mulai berbunga, berikan pupuk NPK 15–15–15 dengan dosis 1 sdm/tanaman. Sebelum diberikan, pupuk dilarutkan dulu dengan 1 liter air. Pupuk NPK juga bisa diberikan dengan cara membenamkannya sedalam 10 cm di sekeliling media tanam di pot.
  3. Pemangkasan
    Pemangkasan juga perlu dilakukan dengan cara memotong sebagian cabang atau ranting, terutama yang menjulur ke atas agar memperpendek, meremajakan, dan mengatur keseimbangan nitrat dan karbohidrat pada tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih cepat berbuah.
  4. Penggantian Media Tanam
    Penggantian media tanam diperlukan untuk menjaga kebutuhan nutrisi tanaman. Penggantian media tanam ini dilakukan 2 tahun sekali dengan media tanam yang sam asaat penanaman, namun media tanam sebelumnya tidak diganti sepenuhnya, tetapi disisakan sepertiga, lalu sisanya diisi dengan media baru.

f. Mempercepat Pembungaan Jeruk Nipis
Mempercepat pertumbuhan bunga dapat dilakukan dengan stresing air. Caranya, tanaman tidak disiram selama 7 hari. Setelah itu, siram sedikit demi sedikit selama 3 hari, lalu keringkan lagi selama seminggu. Begitu selanjutnya. Perlakuan ini dilakukan selama 4—6 minggu. Jika perlu, tambahkan pula pupuk TSP sebanyak 50 gram/pot dan zat pengatur tumbuh (ZPT) seperti Atonik, Cultar, Hobsanol dengan dosis sesuai ketentuan pada kemasan.

g. Seleksi Buah Jeruk Nipis
Mengatur pembuahan juga perlu dilakukan. Untuk merangsang pembentukan tunas-tunas produktif dan waktu pembungaan selanjutnya menjadi lebih dekat, buah yang tumbuh pertama dibuang. Lakukan penyeleksian buah yang tumbuh saling berdekatan untuk memaksimalkan pertumbuhan buah. Dalam satu tangkai, sisakan 1 hingga 3 buah saja. Perlakuan ini dilakukan ketika buah masih sebesar ukuran kelereng.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Cara Dan Teknik Menanam Jeruk Manis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah