Cara Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula

Posted on

Cara Dan Tips Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula

Cucak Rawa atau Cucak Rowo (Pycnonotus zeylanicus) adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki kicauan yang cukup unik dan menarik. Cucak Rowo masuk dalam famili Pycnonotidae, burung ini termasuk burung berukuran sedang dengan ukuran panjang tubuh sekitar 28 cm (paruh hingga ekor), memiliki bulu berwarna jingga hingga kuning jerami pucat pada bagian atas kepala dan penutup telinga, memiliki garis yang melintasi mata berwarna hitam, memiliki bulu punggung berwarna coklat zaitun bercoret putih, sayap dan ekornya memiliki bulu berwarna kehijauan atau hijau coklat-zaitun, bagian dagu memiliki warna bulu putih atau keputihan; bagian leher dan dada memiliki warna bulu abu-abu bercoret putih; bagian perut memiliki bulu berwarna abu-abu, dan memiliki bulu pantat berwarna kuning, serta memiliki Iris mata berwarna kemerahan, paruh berwarna hitam, serta kaki berwarna coklat gelap. Burung ini sangat suka memakan serangga atau binatang kecil lainnya dan juga buah-buahan. Burung cucak rowo biasaya banyak ditemukan pada daerah yang tidak jauh dengan hutan, rawa ataupun pinggir sungai.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Pycnonotidae
Genus: Pycnonotus
Spesies: P. zeylanicus

Cucak rowo merupakan salah satu jenis burung kicau yang berharga mahal, jadi kini banyak orang yang mencoba menernakkan burung ini karena dengan harganya yang mahal, hal ini akan menjadi prospek usaha yang menjanjikan.

Beternak Burung Cucak Rowo

a. Pemilihan Indukan Burung Cucak Rowo
Pilihlah calon indukan yang baik agar burung yang dihasilkan akan baik pula. Berikut adalah ciri atau syarat indukan cucak rowo yang baik:

  • Burung cucak rowo calon indukan harus memiliki perawakan yang bagus yaitu memiliki leher yang panjang dan kaki yang tampak kokoh dan tidak cacat sama sekali
  • Burung cucak rowo calon indukan memiliki paruh yang berpangkal lebar serta paruh terlihat tebal dan besar
  • Burung cucak rowo calon indukan sudah jinak dan sudah siap kawin
  • Burung cucak rowo calon indukan usahakan dipilih yang sudah gacor atau ropel agar anakan yang dihasilkan akan seperti indukan.

b. Persiapan Kandang Ternak Burung Cucak Rowo
Usahakan lokasi pembuatan kandang sedikit sepi dan lenggang, mengingat burung cucak rowo mudah sters jika ditempatkan pada tempat yang terlalu berisik. Kandang biasanya di buat dengan ukuran minimal 80 cm x 80 cm x 180 cm. Kandang biasanya di buat dengan tembok dari batu bata dan juga kawat ram serta lantai kandang diberi bebatuan dan pasir agar burung ebih senang dan air dan kotoran dapat terserap dengan baik. Selah kandang selesai dibuat jangan lupa beri perlengkapan kandang seperti tempat mandi atau bak yang berukuran cukup besar sebagai tempat untuk mandi burung dan jangan lupa pula letakkan satu hingga dua sarang dalam kandang untuk meletakkan telur burung.

c. Pemberian Pakan
Pakan yang diberikan untuk burung cucak rowo dapat berupa voer, beri juga makanan ekstra berupa buah-buahan seperti apel, pisang, pir, atau tomat atau juga bisa makanan berupa binatang kecil seperti siput air atau jangkrik mengingat cucak rowo menyukainya. Jangan lupa pula beri multivitamin agar kebutuhan nutrisi burung terpenuhi.

d. Telur dan Anak Burung Cucak Rowo
Saat induk burung sedang mengerami telurnya kurangi gangguan hingga telur menetas. Setelah menetas, biarkan indukan merawat anakan hingga 2 minggu, setelah 2 minggu barulah anda bisa memanen anakan burung dan memindahkannya pada kandang untuk dilakukan perawatan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa