Cara Sukses Ternak dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula

Posted on

Cara Sukses Ternak dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula Sugar glider merupakan possum meluncul kecil yang masuk dalam hewan karnivora, arboreal dan nokturnal. Sugar glider memiliki kemiripan denga tupai terbang dari tingkah dan bentuk tubuhnya namun sugar glider memiliki warna corak yang khas. Banyak orang kini mulai menjadikan sugar glider sebagai hewan peliharaan mereka. Untuk itu ternak sugar glider ini dapat dijadikan sebagai usaha yang cukup menjanjikan karena harganya yang cukup mahal namun harga sugar glider tersebut bergantung pada kualitas, umur, kesehatan dan jenis sugar glider tersebut. Cara merawat sugar glider pun terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan hewan ternak lainnya.

Cara Ternak Sugar Glider

Persiapan Kandang Pemeliharaan Sugar Glider

Kandang pemeliharaan sugar glider dapat anda beli di toko hewan. Namun karena masih sangat sulit ditemukan, pemeliharaan sugar glider ini dapat dilakukan di kandang kelinci ataupun kandang lovebird yang terbuat dari besi yang bagian dalanm kandangnya diberi ranting pohon karena sugar glider ini sangat suka memanjat dan tambahkan pula alas kain dan juga tempat makan dan minum dalam kandang.

Kandang tersebut dipastikan berada di tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Karena apabila kandang berada ditempat yang tidak nyaman dan bising hal tersebut akan membuat sugar glider mudah stres.

Pemilihan Indukan

Pilihlah calon indukan sugar glider yang baik dan siap kawin. Umur indukan sugar glider siap kawin yaitu berumur sekitar 7 bulan untuk indukan betina dan 8 bulan untuk indukan jantan. Pilihlah calon indukan yang sehat, calon indukan yang sehat yaitu memiliki gerakan yang lincah dan memiliki nafsu makan yang tinggi.

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Sugar Glider Betina

Membedakan sugar glider jantan dan sugar glider betina dapat dilakukan dengan cara melihat bagian fisik sugar glider yaitu:

sBetina sugar glider memiliki kantong seperti kanguru untuk meletakkan anak-anaknya, sedangkan jantan memiliki bagian kepala yang botak.

Setelah perkawinan, betina akan hamil dan masa kehamilan tersebut berlangsung selama 16 hari. Bayi sugar glider atau joys yang baru lahir akan diletakkan dalam kantong induk betina selama sekitar 3 bulan. Namun sesekali akan belajar makan dan setelah berumur 4 bulan bayi sugar glider akan hidup mandiri tanpa induk.

Cara Menjinakkan Sugar Glider

setelah anakan berumur 4 bulan, anda dapat mengajaknya bermain dan berinteraksi. Agar lebih nyaman, berikan pakan dengan tangan anda agar ia dapat membedakan mana makanan dan mana tangan anda. Selain itu, letakkan baju yang baru anda pakai ke kandang sugar glider agar ia dapat mengenali bau badan anda. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin maka sugar glider akan menjadi jinak bahkan bonding.
Pemberian Pakan Sugar Glider

Sugar glider diberi pakan sebanyak 2 kali seharui yairu pagi dan malam hari jika indukan baru melahirkan hingga anakan berumur 4 bulan. Pakan yang diberikan berupa buah-buahan, namun tidajk hanya buah-buahn pakan yang diberikan dapat berupa serangga seperti jangkrik, jangkrik diberikan setiap seminggu sekali. Pakan utama yang bisa anda berikan yaitu berupa bubur bayi dengan campuran sedikit madu.

Cara Merawat Sugar Glider dengan baik

Jika dirasa kuku sugar glider sudah panjang dan tajam, potong kukunya dengan hati-hati agar sugar glider tidak terluka.  Agar saat memotong kuku sugar glider tidak menggigit tangan anda bisa menggunakan kain agak tebal seperti handuk untuk mememegang bagian punggungnya.

Sugar glider juga perlu di andikan agar tubuhnya tetap bersih dan sehat namun pastikan umur sugar glider setidaknya sudah berumur sekitar 5 bulan karena jika umurnya belum 5 bulan ia akan kedinginan bahkan kematian.

Cara memandikannya sangat mudah anda hanya menggunakan kain atau handuk yang sudah dibasahi lalu lapkan ke sugar glider hingga rambutnya basah dan bersih, setelah bersih ajak sugar glider bermain agar rambutnya lebih cepat kering.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak dan Merawat Sugar Glider Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa