Ternak Kambing Etawa

4 Panduan Lengkap Cara Ternak Kambing Etawa Yang Benar Bagi Pemula

Posted on

4 Panduan Lengkap Cara Ternak Dan Merawat Kambing Etawa Tanpa Ngarit Yang Benar Bagi Pemula Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang mulai banyak diternakan oleh para peternak di indonesia. Kambing etawa ini bisa dibilang jenis kambing yang istimewa karena memiliki keunggulan seperti memiliki tubuh yang gagah dan lebih besar, selain itu juga kambing etawa memiliki harga jual yang terbilang tinggi. Kambing etawa banyak diternak untuk dimanfaatkan sebagai penghasil susu dan daging. Kambing etawa pun sering dilombakan atau dikonteskan karena bentuk tubuhnya yang gagah dan besar.

Jika anda pemula yang ingin melakukan ternak kambing etawa, anda harus memperhatikan hal-hal berikut agar ternak anda berhasil.

Cara Ternak Kambing Etawa

Pengadaan Indukan Kambing Etawa

Untuk mendapatkan indukan yang baik dan berkualitas bagi anda yang ingin melakukan ternak kambing etawa, sebaiknya anda membeli indukan tersebut pada peternak kambing etawa secara langsung.

Ciri kambing etawa jantan super untuk diternak yaitu yang memiliki bentuk punggung lurus, bentuk tubuh gagah dan besar, memiliki kaki uang kokoh, bebas dari penyakit, sehat tidak cacat fisik dan telah mencapai umur 1,5 tahun.

Ciri betina kambing etawa yang baik untuk ternak yaitu yang memiliki kaki lurus, tubuh proposional, jinak, memiliki 2 buah puting serta bebas dari penyakit dan cacat fisik.

Pemberian Pakan Kambing Etawa

Setelah indukan kambing etawa didapatkan agar tahan terhadap lingkungan yang baru dan agar cepat beradaptasi, beri kambing vitamin.

Untuk pemberian pakan sendiri, agar pemberian pakan optimal berikan pakan sesuai dengan kebutuhan dan umur kambing. Biasanya pakan yang diberikan adalah dedaunan atau kacang-kacangan yang kaya akan protein dan minerl yang baik untuk pertumbuhan kambing. Namun kini sudah banyak jenis pakan buatan yang bisa anda dapatkan di toko ternak atau toko pertanian.

Bagi anda yang pemula, anda dapat memberikan pakan kambing etawa anda dengan pakan berupa campuran bekatul dan konsentrat dengan perbandingan sekitar 3:1 atau bisa juga dengan memberikan pakan berupa 50% bekatul, 25% bungkil kelapa, dan 25% bungkil kacang-kacangan.

Selain pakan tersebut, beri pula pakan selingan berupa dedaunan hijau seperti daun lamtoro, daun nangka, daun pepaya atau yang lainnya. Pemberian pakan pada kambing etawa dilakukan secara rutin yaitru setiap pagi ddan sore hari dan untuk minum anda dapat memberikan air yang dicampur dengan garam yodium.

Pemeliharaan Kambing Etawa

Kandang Ternak Kambing Etawa
Kandang ternak kambing ini sebaiknya dibuat dengan bahan yang kokoh, memiliki lubang ventilasi yang cukup, bersih dari kotoran kambing agar kandang terhindar dari bakteri penyakit, tempat pakan dan minum dibuat jangan terlalu jauh agar mudah dijangkau oleh kambing serta kandang dibuat pada tempat yang mudah mendapatkan sinar matahari.

Periode Beranak Kambing Etawa
Kambing etawa pada dasarnya dapat beranak hingga 3 kali dalam 2 tahun. Tetapi anda dapat mengusahakan kambing etawa beranak lebih dari 3 kali dalam 2 tahun. Usaha yang bisa anda lakukan diantaranya yaiu dengan mengawinkan kambing etawa pada saat kanmbing etawa sudah benar-benar telah masuk musim kawin yaitu berusia kurang lebih 11-12 bulan.

Pada umumnya kambing etawa memiliki masa birahi yang berlangsung selama 1-2 hari dan siklus tersebut dialami selama sekitar 2-3 minggu.Ciri-ciri kambing etawa yang birahi antara lain, nafsu makan menurun, gelisah, ekornya dikibaskan terus menerus dan sering buang air kecil serta tidak teratur.

Masa hamil kambing etawa betina yaitu sekitar 5 bulan dan 2 bulan berikutnya merupakan periode melahirkan dan istirahat. Pada periode ini disaranakn bagi anda untuk membersihkan kandang dan kambing agar kambing terhindar dari penyakit.

Menentukan Panen Kambing Etawa

Pemanenan kambing etawa dapat dilakukan sesuai target pasar yang ingin anda masuki. Anda dapat melakukan saat kambing berusia 8-12 bulan apabila anda ingin menjual ke warung sate.

Selain dagingnya, anda juga dapat memanen susunya dan dijual. Anda juga dapat menjual kulit bahkn kotorannya.

Demikian artikel pembahasan tentang”4 Panduan Lengkap Cara Ternak Kambing Etawa Yang Benar Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa