Daftar Jenis Jenis Tanaman Paling Mematikan di Dunia

Posted on

Untuk memenuhi kebutuhan pangan maupun kebutuhan sehari-hari tentunya manusia sangat bergantung sekali terhadap tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan memang termasuk faktor penting dalam keberlangsungan hidup manusia, tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Namun tanpa kita sadari, ternyata terdapat banyak jenis tumbuhan yang dapat merugikan manusia, bahkan terdapat jenis tumbuhan yang dapat menyebabkan keracunan hingga kematian.

Daftar Tanaman Paling Mematikan

Jenis tumbuhan apa sajakah yang dapat membahayakan dan mengandung racun mematikan? Sudah saatnya anda untuk mengetahuinya supaya anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar lebih waspada. Berikut ini adalah jenis tumbuhan tersebut.

Tanaman Jarak

tanaman jarak

Tanaman jarak banyak sekalia tumbuh di Indonesia, ternyata tanaman ini sudah terctata di rekor dunia sebagai tanaman beracun yang sangat mematikan. Tanaman jarak berbahaya pada bijinya, sedangkan pada daun dan getahnya dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional. Jenis racun yang terkandung dalam biji jarak dikenal dengan Ricin. Ricin merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji jarak. Senyawa ini dapat menyebabkan orang tewas karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredarah darah dan pernafasan. Para ahli medis mengatakan, ricin merupakan pembunuh ganas sekuat virus anthrax. Dan, bahayanya lagi, sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

Tanaman Ubi racun atau singkong karet

singkong karet

Tanaman singkong merupakan makanan desa yang digemari masyarakat Indonesia, jadi banyak sekali ditemui tanaman ini malah banyak juga yang membudidayakannya. Tapi siapa sangka singkong yang biasa kita komsumsi ternyata juga mengandung racun berbahaya. Kadar racun tertinggi dimiliki jenis varietas singkong karet, singkong karet memiliki kadar racun jauh lebih tinggi sibandingkan varietas singkong jenis lain. Racun yang ada pada singkong biasanya terkonsentrasi di daun dan umbi singkong, racun itu diketahui sebagai senyawa cyanogenik glycoside; linamarin dan lotaustralin yang oleh enzim dapat menghasilkan asam sianida. Sianida dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dan sulit terditeksi, ia tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna. Satu-satunya indikator untuk mengetahui sianida ada pada singkong adalah warna kebiruan yang muncul pada umbi bila lama terpapar udara.Racun sianida akan jauh berkurang bila dipanaskan. Biasanya korban yang keracunan akibat salah dalam pengolahan singkong karena memasak umbi atau daun tidak sempurna. Jadi, bagi anda yang sudah tahu hal ini jangan pernah memakan daun atau umbi singkong dalam keadaan mentah atau setengah matang karena itu sangat berbahaya.

Tanaman kecubung (Datura Metel)

kecubung

Tanaman kecubung juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen terutama pada bagian bijinya. Efek yang ditimbulkan bila kecubung yang dikonsumsi melebihi takaran antara lain mual, muntah, sesak nafas, rasa gelisah, nadi berdenyut cepat, kulit wajah dan tubuh berubah menjadi merah, pusing, mulut terasa kaku, halusinasi hingga akhirnya berujung pada kematian. Dalam beberapa kasus penggunaan racun biji kecubung biasanya digunakan untuk bunuh diri.

Pohon Upas

pohon upas

Hasil dari penelitian itu menyatakan bahwa pohon upas memang mematikan, tapi hanya lendir getahnya. Efek racun pohon upas itu cukup mengejutkan kala diuji cobakan kepada seekor ayam dan anjing, yang pertama langsung mati kurang dari dua menit dan yang satunya dalam sekitar delapan menit. Dalam laporannya pada 1812, Horsfield mengutarakan bahwa penduduk lokal sudah menyadari khasiat racun pohon upas untuk keperluan membunuh lawan-lawannya. Sekali terkena getah racunnya, orang tersebut akan kejang-kejang lalu mati.

Tanaman Gympie-Gympie (Dendrocnide moroides)

tumbuhan gempi

Gympie-gimpie ini tumbuh subur di Hutan Maluku-Indonesia dan hutan timur Australia.Orang luar negeri biasanya menyebut gympie-gympie dengan sebutan tanaman penyengat, karena bila kulit tersentuh daun gympie-gympie sedikit saja, rasanya seperti disengat oleh panas luar biasa dan tidak akan hilang hingga berbulan-bulan, karena efek racun moroidin yang terdapat di bulu tanaman ini.Rekor terbesar gympie-gympie adalah pernah membunuh hewan dan manusia. Bahkan Saking kuat racunnya, daun gympie-gympie yang telah kering beratus tahunpun masih mengandung racun moroidin dengan kuat. Dengan efek racun yang begitu luar biasa, tentara Inggris pada akhir tahun 1960an, diduga pernah tertarik pada Gympie-Gympie dan berniat menjadikannya senjata biologis.

Tanaman Deadly Nightshade

deadly bnightshade

Tumbuhan Deadly Nightshade ini adalah salah satu tanaman paling mematikan yang ada di dunia.Racun yang terkandung dari tanaman ini adalah Atropine dan scopolamine yang diproduksi alami oleh sel suatu organisme. Anehnya adalah racun atropine dan scopolamine yang ada di dalam tanaman ini tidak mempengaruhi hewan tertentu seperti kuda, kelinci, domba, dan beberapa burung diketahui tidak terpengaruh oleh racun mereka. Sementara manusia sendiri sangat sensitif terhadap racun ini, dimana 2 buah berry tanaman ini diketahui cukup untuk membunuh seorang anak kecil, dan 10 hingga 20 buah cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa. Hal ini berlaku lebih fatal lagi untuk daun mereka, yakni hanya dibutuhkan 1 daun untuk membunuh seorang pria dewasa.

Bunga Oleander

bunga oleander

Bunga oleander termasuk jenis tanaman yang dengan mudah menghilangkan nyawa manusia.
Walaupun tanaman ini indah untuk dilihat, ingatlah untuk jangan pernah memasukkan bagian apapun dari tanaman ini ke mulut Anda. Dimulai dari daun hingga buahnya. Karena Bunga Oleander ini selain dikenal cantik, juga sebagai salah-satu dari tumbuhan yang paling beracun. Jika daunnya di konsumsi satu helai saja dapat membunuh manusia dewasa.

Tanaman Rosary Pea atau Rosary Kacang Polong

Rosary Pea

Di Indonesia sendiri tanaman ini dikenal sebagai Saga Rambat. jika anda menghirup dan mengkonsumsinya, maka alamat hidup anda bisa berakhir. Karena Racun yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah Abrin yang merupakan salah satu toksin paling mematikan di dunia, gejala awal yang akan ditimbulkan, halusinasi, gagal ginjal dehidrasi dan akhirnya berujung pada kematian.

Tanaman Doll’s Eye atau Mata Boneka

doll eye's

Biji dari tanaman mata boneka ini mengandung toksin cardiogenic. Toksin yang satu ini bisa memberi efek seperti penenang pada jaringan otot jantung. Jika biji tanaman ini dikonsumsi maka dapat menimbulkan keracunan hingga gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Tanaman Water Hemlock

bunga waterhemlock

Tanaman dengan bunga kecil berwarna putih ini banyak dijumpai di Amerika Utara. Racun yang terdapat di seluruh bagian bunga ini adalah cicutoxin. Racun tersebut mengakibatkan kram, muntah-muntah, gemetar dan akhirnya gagal jantung.

Tanaman The Suicide Tree

the suicide tree

The Suicide Tree (Pohon Bunuh Diri), Pong-pong, Othalanga, semuanya adalah sebutan untuk 1 spesies pohon yang memilki nama ilmiah Cerbera Odollam. Bentuknya sendiri sangatlah mirip dengan bunga Oleander karena berasal dari famili yang sama. Racun yang terkandung dalam tanaman ini adalah Cerberin yang dapat menyebabkan gangguan otot jantung, kegagalan pernapasan, dan kemudian kematian. Selain itu, membuat seseorang memakan biji beracun ini juga sangatlah mudah karena rasanya dapat ditutupi oleh bumbu makanan lainnya dan tidak hanya itu saja, racun dari tumbuhan ini sering diabaikan saat otopsi. Inilah sebabnya mengapa The Suicide Tree sering dikatakan sebagai alat pembunuhan yang sempurna.

Tanaman Aconitum atau Wolf’s bane

wolfsbane

Tumbuhan biasa hidup di daerah pegunungan belahan bumi bagian utara. Ia memiliki racun berbahaya yang dikenal alkaloid pseudaconitine. Jika anda mengkonsumsi tanaman ini dalam jumlah besar akan menyebabkan kematian setelah 2 hingga 6 jam.

Pohon Strychnine

Pohon Strychnine

Dikenal sebagai kacang beracun, Pohon Strychnine adalah tumbuhan yang memiliki biji mematikan dengan kandungan racun seperti namanya yaitu Strychnine. Bukti dari betapa mengerikannya racun ini sendiri ditunjukkan dalam kisah Ratu Cleopatra yang meminta bawahannya untuk melakukan bunuh diri dengan memakan biji pohon Strychnine. Ia ingin mengetahui apakah biji ini adalah cara terbaik baginya untuk bunuh diri

Tanaman English Yew

english yew

Tanaman ini merupakan tanaman kecil yang mempunyai buah lebat seperti berry berwarna merah. English yew marupakan tanaman di dunia ini dapat membunuh manusia jika dikonsumsi dengan dosis 50 g. Efek yang ditimbulkan dari racunnya, dapat menyebabkan gagal ginjal yang berujung pada kematian tanpa ditandai ciri-ciri lainnya.

Bunga Daphne

bunga daphne

Bunga Daphne juga dikenal dengan nama Lady Laurel atau tanaman surga. Seluruh bagian dari bunga ini beracun tapi bagian yang paling beracun terpusat pada getah dan buahnya. Daphne mengandung mezerine dan daphnin, yang merupakan racun kuat dan dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala, diarhea, dan kegilaan. Jika buah bunga daphne di konsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

Itulah beberapa daftar jenis tanaman yang patut kita perhatikan dan hindari karena dapat membahayakan diri kita sendiri maupun orang lain. Untuk itu kita harus waspada dan harus hati-hati dalam memanfaatkan tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke FaunadanFlora.com 🙂 🙂

Leave a Reply