5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia

Posted on

5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Hewan-hewan yang memiliki indera penciuman tertajam di dunia. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Untuk Hewan menemukan mangsa pastilah diperlukan indera penciuman yang baik dan tajam, tidak hanya untuk menemukan mangsa tapi juga untuk mencari hal yang lain termasuk mencium adanya bahaya. Tapi biasanya hewan dengan penciuman yang baik biasanya memiliki penglihatan yang buruk.
Berikut adalah beberapa Hewan yang memiliki Indera Penciuman yang Terbaik di Dunia :

a. Beruang
Beruang adalah binatang mammalia yang termasuk dalam hewan karnivora pada familia Ursidae. Beruang memiliki bulu tebal, memiliki cakar untuk menangkap, merobek dan menggali, bermoncong panjang serta dapat berdiri dengan dua kaki. Selain itu beruang adalah hewan dengan indera penciuman yang paling baik, karena beruang memiliki hidung yang besar dengan ribuan reseptor bau. Kemampuan indera penciuman beruang dapat membuat beruang mampu melacak keberadaan anaknya, menemukan pasangan, menjaga keunggulan dari beruang pesaing, menemukan makanan bahkan dapat mencium bangkai hewan yang berada pada jarak 32 km.
Ukuran otak beruang hanya sepertiga otak manusia namun area lobus olfaktorius otak beruang 5 x lebih besar dibanding dengan otak manusia sehingga beruang memiliki indera penciuman yang superior.

b. Hiu
Hiu adalah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu memiliki tubuh ramping,mereka bernafas menggunakan lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bagian samping. Selain itu hiu juga memiliki indera penciuman yang baik karena 2/3 bagian otak hiu difungsikan sebagai lobus olfaktorius atau untuk penciuman. Hiu dapat mendeteksi mangsa dari jarak sekitar 2 kilometer, bahkan hiu dapat mendeteksi setetes darah yang berada dalam 100 liter air.

c. Anjing Pelacak
Menurut penelitian, Anjing pelacak memiliki sekitar 230 juta reseptor bau pada hidungnya atau dikatakan anjing pelacak memiliki reseptor bau 40 x lebih banyak di banding dengan manusia. Anjing pelacak dapat mengidentifikasi bau tertentu dari jarak 200 kilometer lebih.

d. Ular
Reptil satu ini memiliki indra penciuman yang baik dengan bantuan lidahnya. Ular memiliki organ bernama vomeronasal atau jacobson dalam mulutnya. Ketika ular menjulurkan lidah maka partikel udara yang diambil oleh lidah akan dikirim ke organ jacobson tersebut Lalu mereka akan mengetahui apakah ada mangsa atau predator di sekitarnya.

e. Tikus
Hewan pengerat ini memiliki indera penciuman yang baik tidak hanya terdapat dalam film yang dimana tikus dapat mencium bau keju dari jarak jauh, tetapi pada nyatanya, ternyata tikus memiliki penciuman yang baik bahkan dapat mencium perubahan suasana dann emosi.
Saat menerima bau, partikel bau akan terikat pada silia yang terdapat pada neuron olfaktorius dan reseptor bau, sehingga dapat memicu reakdi pada saraf tikus. Selain itu tikus juga memiliki oragan penciuman yang lain bernama vemeronasal pada bagian bawah rongga hidung dekat septum. Saat membau maka partikel bau tersebut mencapai vereronasal, organ tersebut dapat mendeteksi feromon untuk membedakan 2 anggota berbeda dari spesies tikus yang sama. Terdapat sekitar 500 hingga 1000 gen pada tikus yang dapat mengkode 500 hingga 1000 reseptor penciuman pada tikus yang berarti 1% dari DNA tikus digunakan untuk mendeteksi aroma dan bau.

Demikian artikel pembahasan tentang”5 Hewan Dengan Indera Penciuman Tertajam Dan Terbaik Di Dunia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa