Fakta Menarik Bonsai Serut yang Banyak Diminati di Indonesia

Posted on

Bisa dibilang kepopuleran tanaman Bonsai tidak akan pernah pudar. Begitu juga di Indonesia, Teknik mengkerdilkan tanaman atau sering disebut dengan Bonsai sering sekali kita temi dimanapun kita berada. Namun dari banyaknya jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai, Bonsai serut selalu mendominasi sebagai bonsai yang paling diminati. Nama lain dari pohon serut yaitu Streblus Asper, dan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan sandpaper tree, siamese rough bush, dan toothbrush tree. Di Indonesia kita akan sering menjumpai jenis tanaman bonsai ini di Pulau Jawa dan Sumatera.

Bonsai serut diminati oleh para penggemar tanaman bonsai karena jenis bonsai ini memiliki bentuk daun yang eksotis serta memiliki batang yang unik, dan pohon ini sering ditanam di taman. Selain itu para penggemar bonsai ini menyebutkan bahwa bonsai ini merupakan bonsai yang ideal ditanam, karena bonsai serut mudah ditanam dan perawatan yang tidak merepotkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini mengeni bebrapa fakta menarik tentang bonsai serut.

Fakta Menarik Bonsai Serut

1. Ciri Khas Bonsai Serut

bonsai serut

Ciri khas dari batang bonsai serut yaitu berwarna putih bertekstur dan batangnya cukup keras. Memiliki ukuran daun yang kecil berwarna hijau yang membuat bonsai ini terlihat begitu menawan di tambah lagi daun yang rimbun membuat bonsai ini lebih eksotis. Selain itu bonsai ini juga memiliki bunga berwaran putih, namun karena bunganya berukuran kecil, bunga tidak terlalu terlihat. Tanaman ini memiliki tunas yang mudah muncul dan tumbuh meskipun ditempat yang sempit dan kecil, sehingga memudahkan para penggemar untuk membentuk batangnya sesuai dengan kreasi dan keinginan kita.

2. Bonsai serut merontokkan daun pada musim kemarau

bonsai serut menggugurkan daun

Sama seperti pohon jati, untuk menghemar air yang terkandung didalamnya jenis bonsai serut juga merontokkan daunnya pada saat musim kemarau. Jadi anda tidak perlu risau jika daun dari tanaman ini rontok, karena daun baru akan tumbuh dengan sendirinya pada satu minggu kemudian setelah menggugurkan daunnya.

3. Bonsai serut memiliki umur yang lama

bonsai serut tua

Bukan hanya pohon beringin saja yang memiliki usia hingga ratusan tahun, jenis bonsai serut juga mampu hidup sampai ratusan tahun. Dan semakin tinggi umur bonsai serut, maka semakin tinggi pula harga jual bonsai ini.

4. Media tanam yang bagus

Media tanam ynag coock untuk bonai serut yaitu campuran antara pupuk kandang, tanah humus, dan tanah gunung dengan menggunakan perbandingan satu per satu.
Sebaiknya sebelum dijadikan tanaman bonsai, kita tanam terlebih dahulu pohon serut pada media yang lebih besar, setelah dirasa cukup dengan ukuran yang diinginkan baru pohon serut dapat dipindahkan ke media yang lebih kecil.

5. Bonsai serut tahan akan sinar matahari

Jika kebanyakan jenis tanaman tidak aka tumbuh baik apabila terkena paparan sinar matahari langsung, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk bonsai serut. Bonsai ini akan tumbuh maksimal, tahan terhadap hama, serta ukuran daunnya lebih mengecil apabila terkena sinar matahari secara langsung.Bonsai serut merupakan tanaman hias yang diberikan perlakuan lebih supaya menjadi kerdil, unik, menawan dan juga memiliki daya tarik tersendiri.

Bonsai serut sangat diminati karena perawatan yang mudah dan memiliki harga jual yang tinggi. Itulah beberapa fakta menarik seputar bonsai serut, semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terimakasih 🙂