Fauna Oriental – Pengertian Dan Ciri-Ciri Fauna Oriental

Posted on

Pengertian Dan Ciri-Ciri Fauna Oriental Dilengkapi Dengan Jenisnya

Fauna Oriental – Jenis fauna yang wilayah persebarannya meliputi seluruh Asia Tenggara dan selatan termasuk Indonesia bagian barat. Wilayah fauna Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau disekitarnya meliputi Srilangka, Filipina dan wilayah fauna Indonesia bagian barat dan tengah yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi.

Kondisi lingkungan fisik wilayah Oriental cukup bervariasi, sebagian besar beriklim tropis sehingga banyak terdapat hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Beberapa fauna khas yang hidup di wilayah Oriental antara lain :

  • Harimau, gajah, gibbon, orang utan, bekantan, monyet, badak bercula satu, menjangan, antelop, tapir, babi rusa.
  • Terdapat beberapa fauna endemik yang hanya hidup di daerah tertentu, misalnya anoa di Sulawesi dan komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Contoh Fauna Khas yang Hidup di Wilayah Oriental

harimau sumatra

Harimau Sumatra

gajah lampung

Gajah Sumatra

 

gibbon

Gibbon

monyet

Monyet

bekantan

Bekantan

orangutansumatra-faunadanflora

Orang Utan

tapir

Tapir

anoa

Anoa

antelop

Antelop


Ciri ciri Fauna Oriental

Hewan-hewan yang berada di wilayah bagian barat Indonesia (oriental) meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimanta, serta pulau-pulau disekitarnya memiliki ciri-ciri hewan sebagai berikut.

  1. Banyak terdapat spesies mamalia yang berukuran besar, misalnya gajah, harimau, banteng, badak, dan sedikit mamalia berkantung bahkan hampir tidak ada.
  2. Terdapat berbagai macam kera. Kalimantan merupakan pulau yang paling kaya akan spesies jenis-jenis primata. terdapat empat jenis primata, yaitu bekantan, tarsius, loris hantu, orang utan.
  3. Terdapat hewan endemik
    • Badak bercula satu di Ujung Kulon
    • Binturong (Arctictis binturong), hewan sebangsa beruang tapi kecil
    • Monyet Presbytis thomasi
    • Tarsius (Tarsius bancanus)
  4. Jenis burung oriental memiliki warna yang menarik dibandingkan dnegan burung di daerah australis. Misal Jarak Bali, Elang jawa, Murai, Elang Putih, Ayam hutan dada merah dan sebagainya.

Demikian Penjelasan seputar Fauna Oriental  yang bisa disampaikan, semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih telah berkunjung di Faunadanflora.com , sampai bertemu diartikel artikel selanjutnya ..


Leave a Reply