10 Hewan Yang Mampu Berhibernasi Saat Musim Dingin

Posted on

Hewan-Hewan Yang Memiliki Kemampuan BerhibernasiĀ 

Hibernasi adalah kondisi dimana terjadi ketakaktifan serta penurunan metabolisme hewan yang ditandai dengan pernapasan lebih pelan, kecepatan metabolisme lebih rendah, serta suhu tubuh lebih rendah. Fungsi dari hibernasi sendiri adalah untuk menghemat energi selama musim dingin atau periode tertentu saat terjadi kelangkaan makanan. Kali ini kita akan membahas tentang hewan-hewan yang mampu berhibernasi, berikut adalah daftarnya:

Hewan-Hewan Yang Memiliki Kemampuan Hibernasi

Beruang
Beruang adalah hewan yang sudah banyak diketahui mampu melakukan hibernasi. Spesies beruang yang mampu melakukan hibernasi adalah beruang kutub, beruang hitam, beruang cokelat dan beruang hitam amerika. Dalam suhu yang dingin, suhu tubuh beruang hanya turun sedikit selama hibernasi namun beruang tersebut mampu bertahan hingga 100 hari tanpa makan dan minum selama proses hibernasi berlangsung.

Burung Common Poorwills
Burung Common Poorwills (Phalaenoptilus nuttallii) adalah salah satu jenis hewan yang dapat berhibernasi, burung ini adalah satu-satunya spesies burung yang dapat melakukan hibernasi dengan suhu, burung ini umum melakukan hibernasi ketika suhu benar-benar dingin atau benar-benar panas atau saat terjadi kesulutan dalam mencari makanan bahkan dapat melakukan hibernasi saat mengerami anaknya.

Siput atau Bekicot
Siput atau Bekicot adalah salah satu hewan yang dapat melakukan hibernasi pada musim dingin dan musim panas yang dikenal dengan estivation. Selama hibernasi siput akan masuk dalam cangkang dan menutup lubang dengan kulit yang terbuat dari kapur dan lendir untuk menjaga kelembaban tubuhnya. Bahkan pada iklim kering siput dapat berhibernasi selama bertahun-tahun.

Tupai Tanah
Hewan ini dapat berhibernasi selama 9 bulan lebih dalam setahun, tupai tanah ini dapat berhibernasi ringan yaitu hanya beberapa hari pada waktu tertentu. Hewan ini menciptakan suatu ruang hibernasi dengan menggali terowongan bawah tanah.

Ular Garter
Ular ini memiliki kemampuan hibernasi, yang dimana ular ini akan melakukan hibernasi bersama-sama dan mengumpul unyuk kehangatan. Setelah suhu hangat maka ular ini akan berjemur.

Landak
Landak juga termasuk dalam hewan yang mampu berhibernasi, saat musim dingin maka landak akan tidur.

Katak Kayu
Katak kayu adalah salah satu hewan yang memiliki kemampuan untuk berhibernasi. Cara berhibernasi katak kayu ini sangat unik yaiti katak ini akan tampak membeku seperti mati, matanya tertutup, tidak ada detak jantung ada tidak bernapas. Biasanya katak ini akan mencari tempat hibernasi di bawah batu, lorong atau tumpukan daun.

Ratu Lebah
Sementara jantan dan lebah pekerja meninggal pada musim panas maka Ratu lebah akan melakukan hibernasi selama musim dingin dari lubang pohon atau tanah, ratu lebah akan tetap aktif selama 6-8 bulan.

Penyu
Lama waktu hibernasi penyu bergantung pada tempat mereka tinggal, penyu yang tinggal di utara atau daerah beriklim dingin maka penyu tersebut akan melakukan hibernasi selama 6 bulan, selama itu penyu tidak menghirup udara sama sekali dari luar melainkan dia akan mengambl oksigen dari kulit mereka. Saat hibernasi detak jantung penyu akan turun setiap 5 hingga 10 menit.

Kelelawar
Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang dan juga salah satu hewan yang dapat melakukan hibernasi. Di alam liar kelelawar berhibernasi selama 64 hari hingga 66 hari dan bangun hanya untuk minum.

Selain hewn- hewan diatas hewan yang mampu berhibernasi antara lain sigung, hamster, anjing padang rumput, tikus rusa dan lemur.

Demikian artikel pembahasan tentang”10 Hewan Yang Mampu Berhibernasi Saat Musim Dingin“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa